PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE SHOPEE (STUDI PADA KONSUMEN BELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

sheila fitria nurjannah, Rini Rahayu Kurniati, Daris Junaida

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce terhadap keputusan pembelian pada belanja online shopee konsumen belanja online mahasiswa Universitas Islam Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) interface secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) content secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) technical secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) secara bersama-sama interface, content, technica berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh e-commerce terhadap keputusan pembelian pada belanja online shopee. Nilai persamaan Y = 8.394 + 0.273X1 + 0.036X2 + 0.193X3 + e. Koefisien determinasi (R2) interface (X1) content (X2) dan technical (X3) menunjukkan nilai sebesar 16,5% untuk keputusan pembelian, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Kata Kunci


Interface, Content, Technical dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Barakatullah, Abdul Halim, Teguh Prasetyo. 2005. Bisnis E-Commerce (Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

C.Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. 2005. System Informasi Manajemen.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gery. 2008. Prinsip-Prinnsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Leon, Schiffman dan Kanuc, Leslie Lazar. 2004. Prilaku Konsumen Edisi 4. Klaten: Intan Sejati.

Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, Taufik, 2008. Panduan membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta: mediakita.

Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.

Swastha Basu dan Irawan, 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Ghozali.Imam.2013. Aplikasi Analisis Multirariete dengan Program IBM SPSS 23.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penletian. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Priyanto.2005. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Santoso, Purbayu Budi, Dr. 2007. Statistik Deskriptif. Semarang: Erlangga.

Sugiyono. 2004.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Internet :

https://snapcart.global/indonesian-e-commerce-shopping-behavior/

https://eljohnnews.com/data-shopee-generasi-milenials-dominasi-transaksi-e-commerce-indonesia/

https://swa.co.id/swa/trends/technology/transaksi-shopee-di-indonesia-terbesar-di-asean

https://www.google.com/amp/s/m.viva.co.id/amp/digital/digilife/1022725-shopee-vs-tokopedia-siapa-paling-diingat-pengguna

haxtunchamber.org/permasalahan-yang-sering-di-hadapi-toko-online-berikut-solusi

https://m.bisnis.com/finansial/read/20180322/105/753314/survei-snapcart-shopee-paling-populer-dan-sering-digunakan

Jurnal :

Widyanita, Fika Ayu. 2018. Analisis pengaruh kualitas pelayanan e-commerce shopee terhadap kepuasan konsumen shopee Indonesia pada Mahasiswa FE UII pengguna shopee. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Lestari, Leni. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Volume Penjualan Pada Online Shop Aneka Kemeja Pria Bekasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Pakuan.

Wardoyo, Intan Andini. 2017. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Wijaya, Vera Tri. Teguh, Priska Pravitha. Aprilia, Adriana. 2016. Analisis Pengaruh Variabel E-Commerce (Interface, Navigation, Content, Reliability Dan Technical) Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Melalui Situs Airbnb. Program Manajemen Perhotelan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi

Universitas Kristen Petra.

Agustyan, Fajar. 2017. Pengaruh E-Commerce, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Industri Ekonomi Kreatif ( Studi Pada Umkm Askha Jaya ). Skripsi Jurusan Manajemen Falkutas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Dewanti. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Pt. Momen Global Internasional Di Makassar. Skripsi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.