PENGARUH PROMOSI DAN MUTASI KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. PINDAD (PERSERO) DIVISI MUNISI TUREN, MALANG)

Lia - Fahmiyati, Rini Rahayu Kurniati, Daris - Zunaida

Abstract


PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak dan berada pada berbagai rentan usia. Karyawan merupakan sumberdaya manusia yang memiliki peran penting terutama dalam hal kinerja. Kinerja karywan harus diperhatikan dan dikembangkan agar kinerja karyawan semakin meningkat demi mencapai tujuan perusahaan. PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi menerapkan promosi dan mutasi kepada karyawannya setiap tahun demi menjaga dan mengembangkan kualitas dari karyawan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah promosi dan mutasi karyawan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 64 karyawan dimana merupakan sebagian dari populasi karyawan yang telah dipromosikan dan dimutasikan pada tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variable bebas promosi dan mutasi karyawan baik secara parsial maupun secara simultan perpegaruh terhadap variable terikat yaitu kinerja karyawan.


Keywords


Sumber Daya manusia, Promosi, mutasi, kinerja

Full Text:

PDF

References


Adi, Gede Purnama, I Wayan Bagia dan Wayan Cipta (2016) Pengaruh Promosi Jabatan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai ( Studi Kasus Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng).. [internet], 04 pp,5-6. Diunduh dari : [diakses 10 November 2018].

Firdaus, dan Fakhry Zamzam (2018) Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta, CV. BUDI UTAMA.

Fitrah, Muh, dan Luthfiyah (2017) Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi, CV Jejak.

Ismail, Fajri (2018) Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta, PRENADAMEDIA GROUP.

Juliandi, Azuar, Irfan dan Saprinal Manurung (2014) Metodologi Penelitian Bisnis : Konsep dan Aplikasi. Medan, UMSU PRESS.

Kadarsiman, M. (2014) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta, Rajawali Pers.

Komposisi pegawai tetap berdasarkan usia per 31 Desember 2017. (2017) [0nline image]. Avaible from : http://www.pindad.com/annual_report_2017.pdf[accessed] 5 November 2018).

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu ( 2004) Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Manullang, Marihot. (2004) Manajemen Personalia. Edisi ke -3. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Maulidah, Silvana (2012) Pengantar Manajemen Agribisnis.Malang, UB Press.

Moehyi, Achmad, dkk (2005) Manajemen Sumberdaya Manusia. Yogyakarta, Unit

Penerbitan Fakultas Ekonomi (UPFE-UMY).

Nilasari, Senja (2016) Panduan Praktis Menyusun Sistem Penggajian Dan Benefit. Jakarta, Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Group).

Oktafiasari, Iko (2017) Pengaruh Promosi Jabatan, Mutasi, dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Jatim Cabang Kediri. [internet], 01 (08) pp,8-13. Diunduh dari : file_artikel> [diakses 10 November 2018].

Purwanto, Erwan Agus dan Sulistyastuti, Dyah Ratih (2017) Metode Penelitian Kuantitatif : Untuk Administrasi Publik dan Masalah-

Masalah Sosial. Yogyakarta, Penerbit Gava Media.

Rangkuti, Freddy (2008) The Power Of Brands : Teknik amengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merk Plus Analisis Kasus Dengan SPSS. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sabar, Navratin Datu, Adolfina dan Lucky O.H. Dotulong (2017) Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi Terhadap Kinerja Pegawai. EMBA [internet], 5 (2) Juni, pp. 404. 413. Diunduh dari : [diakses 10 November 2018).

Saydam, Gouzali (2000) Manajemen Sumber Daya manusia (Human Resources Manajement) : Suatu Pendekatan Mikro (Dalam Tanya Jawab).Cetakan Kedua. Jakarta, Djambatan Persada.

Simamora, Henry (1997) Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-2. Yogyakarta, Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sinambela, Lijan Poltak (2017) Manajemen Sumber Daya Manusia : Membangun Tim Kerja yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Sudiro, Achmad. (2011) Perencanaan Sumberdaya Manusia. Malang, UB Press.

Sugiyono (2011) Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta, Salemba Empat.

Sutopo, Yeri dan Achmad Slamet (2017) Statistik Inferensial. Yogyakarta, ANDI.

Umar, Husein (2003) Metode Riset Bisnis: Panduan Mahasiswa Untuk Melaksanakan Riset Dilengkapi Contoh Proposal (dan Hasil) Riset Bidang Manajemen dan Akuntansi. Jakarta : PT. Gramedia Pusaka Utama.

Wibowo (2014) Manajemen Kinerja. Edisi ke -4. Jakarta, PT. Rajagrafindo

https://www.pindad.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Flag Counter

Hubungi Kami:
TIM JIAGABI
Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Islam Malang
Jalan Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Telephone: 0341 – 551932, 551822, Fax.: 0341 – 552249
Email: jiagabi_unisma@yahoo.com