PENGARUH INFORMASI PRODUK TERHADAP EFEKTIVITAS KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI EFEKTIVITAS DIGITAL MARKETING PADA PENGGUNA SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.33474/jimmu.v6i2.12462Abstract
Â
           Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh informasi produk Shopee terhadap keputusan pembelian customer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Informasi Produk (X), Digital Marketing (Z), dan Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner (angket) pada Mahasiswa Universitas Islam Malang tahun akademik 2019-2020 yang pernah menggunakan aplikasi Shopee.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 97 orang responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Informasi Produk (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Informasi Produk (X) berpengaruh positif signifikan terhadap Digital Marketing (X).Digital marketing(X) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Informasi prosuk secara tidak langsung signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, melalui digital marketing, dengan kata lain digital marketingtidak signifikan dalam memediasi pengaruh informasi produk terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci:Â Informasi Pembelian, Digital Marketing, Keputusan Pembelian
Â
           This study aims to determine the effect of Shopee product information on customer purchasing decisions. This study uses a descriptive type of research with a quantitative approach. There are three variables used in this research, namely Product Information (X), Digital Marketing (Z), and Purchase Decision (Y). This study uses a data collection method with a questionnaire (questionnaire) on students of the Islamic University of Malang in the 2019-2020 academic year who have used the Shopee application. The sample used in this study amounted to 97 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis used is descriptive analysis and inferential analysis. The results showed that the Product Information variable (X) had a significant positive effect on Purchase Decisions (Y). Product Information Variable (X) has a significant positive effect on Digital Marketing (X). Digital marketing (X) has a significant positive effect on purchasing decisions (Y). Product information indirectly significantly influences purchasing decisions, through digital marketing, in other words digital marketing is not significant in mediating the effect of product information on purchasing decisions.
Keywords:Â Purchase Information, Digital Marketing, Purchase Decision
References
Aimsyah, Z. 2003. Manajemen Sistem Informasi, PT. Gramedia Pustaka. Jakarta
AH, Prihartono. 2012. Manajemen Pelayanan Prima, Dilengkapi dengan Etika Profesi untuk Kinerja Kantor. Andi Offset. Bandung
Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta
Kottler dan Amstrong. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Philip. 2002. Marketing Management, Millenium Edition. New Jersey: Person Custom Publishing.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Katawetawaraks, C. & Cheng, L. W. 2011. Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research, 1 (2), 66–74.
Kader dkk, 2018, Model Pemasaran Digital marketing FB_Ads dan Email Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan, Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, Vol.5 No.2 Oktober 2018.
Muanas, Ahmad. 2014. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada, Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 N0. 12 2014.
Mahalaxmi and Ranjith, 2016. Study of the Impact of Digital marketing in Customer Purchasing Decisions in Trichy. Faculty Member P.G Student Department of Management Studies Department of Management Studies Anna University (BIT Campus), Tiruchirappalli, Tamil Nadu, India. IJIRST – International Journal for Innovative Research in Science & Technology. Volume 2 Issue 10 March 2016. ISSN (online): 2349-6010.
Mileva dan Fauzi, 2018, Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58 No. 1 Mei 2018.
Mewoh dkk, 2019, Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Digital marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square, Ilmu Manajemen Universitas Galuh Ciamis, Vol.5 No.2 Oktober 2018. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9. No. 1, 2019 (p-ISSN 2338-9605; e-2655-206X).
Rozieqy, Ahmad. 2020. Penggunaan Media Sosial Dalam Memediasi Persepsi, Informasi, Dan Motivasi Terhadap Keputusan Berbelanja Secara Online Pada Shopee. Jurnal Ekonomi UNISMA.
Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua, PT. Indeks Gramedia. Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV. Bandung
Theresia, Pradiani. 2017, Pengaruh Sistem Pemasaran Digital marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Dosen STIE ASIA Malang, Vol.11 No.2 Febuari 2017, Hal. 46-53.
Tiffany, dkk. 2018. A Study on Impact of Digital marketing in Customer Purchase Decision in Thoothukudi. International Journal of Science, Engineering and Management (IJSEM) Jurnal Penelitian Vol 3, Issue 4, April 2018.
Wiharjanto, Yuwandito, 2012. Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web Sebagai Sarana Informasi Produk Bagi Konsumen Pada PT. Warna AC. Jurnal Informasi Statistik. Vol.1 No.1 April 2012.