PERAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MEMODERASI PENGARUH STRATEGI CUSTOMER FOCUS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING KOPERASI (Studi Pada Koperasi Di Kota Batu)

ita athia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa koperasi di Indonesia yang mayoritas dianggap sebagai badan usaha yang tidak mempunyai daya saing. Kondisi empiris mengungkapkan bahwa koperasi belum bisa mensejahterakan anggotanya sendiri, bahkan banyak koperasi yang mengalami kegagalan dan bubar akibat berbagai faktor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan perspektif kepada koperasi tentang pentingnya menggarap anggota dengan menggunakan customer focus dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang dimiliki koperasi itu sendiri. Dengan strategi customer focus, koperasi tidak harus memenangkan persaingan dengan cara mencari banyak pelanggan baru, melainkan memenangkan persaingan dengan cara fokus kepada anggota yang loyal. Anggota yang loyal akan tetap bertahan dan mendukung perusahaan bahkan pada saat perusahaan tersebut berada pada kondisi yang paling buruk.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif, dan termasuk field research dengan pendekatan explanatory atau confirmatory. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 bulan, dengan jumlah responden sebesar 133 responden yang terdiri dari pengurus, pengawas, manajer, karyawan dan anggota dari 7 koperasi di kota Batu yang telah dipilih secara purposive. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan bantuan SPSS versi 18.0.

Temuan yang dihasilkan adalah strategi customer focus berpengaruh secara signifikan meningkatkan daya saing koperasi. Faktor internal dan eksternal merupakan variabel moderating yang bisa dipakai bersama-sama customer focus untuk menambah peningkatan daya saing koperasi.

Beberapa faktor internal dan eksternal pada koperasi perlu dipertahankan dan harus mendapatkan perhatian lebih untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan customer focus sehingga koperasi bisa berdaya saing dengan badan usaha lainnya.

Kata kunci : customer focus, faktor internal, faktor eksternal, daya saing koperasi.

 

Abstract

            This research is motivated by the assumption that the majority of cooperatives in Indonesia are considered as business entities that do not have competitiveness. Empirical conditions reveal that cooperatives have not been able to prosper their own members, even many cooperatives have failed and disbanded due to various factors.

The purpose of this study is to provide a perspective to the cooperative about the importance of working on members by using customer focus by considering internal and external factors that are owned by the cooperative itself. With a customer focus strategy, cooperatives do not have to win the competition by finding many new customers, but winning the competition by focusing on loyal members. Loyal members will survive and support the company even when the company is at its worst.

This research is classified as quantitative research, and includes field research with an explanatory or confirmatory approach. This research was carried out for 5 months, with the number of respondents amounting to 133 respondents consisting of administrators, supervisors, managers, employees and members of 7 cooperatives in the city of Batu which had been selected purposively. Data analysis used was Path Analysis with the help of SPSS version 18.0.

The resulting findings are an influential customer focus strategy that significantly improves the competitiveness of cooperatives. Internal and external factors are moderating variables that can be used together with customer focus to increase cooperative competitiveness.

Some internal and external factors in the cooperative need to be maintained and must get more attention to support the successful implementation of customer focus so that cooperatives can be competitive with other business entities.

Keyword : customer focus, internal factors, external factors, cooperative

competitiveness


Full Text:

PDF

References


Agbim. Kenneth Chukwujioke, Godday Orziemgbe Oriarewo, Tor Aondoaver Zever, 2014, Impact of Business Environmental Scanning Behaviour on the entrepreneurial Performance of Micropreneurs: A Conceptual Framework, European Journal of Business and Management www.iiste.org ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online), Vol.6, No.24, 2014

Agustin, Marina Fransisca, 2013, Analisis Kepuasan Anggota terhadap pelayanan KSU Tandangsari, Students e-journal, Vol,2, No.4

Amirullah, 2015, Metode Penelitian Manajemen, Penerbit. Bayumedia Publishing Malang

Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta

Barney. Jay B, 1991, Firm Resources and Sustained Competitive Advantage, Journal of Management, 17(1): 99-120

Beal, Reginald M., 2000, Competing Effectively: Environmental Scanning, Competitive Strategy, And Organizational Performance in Small Manufacturing Firm, Journal Of Small Business Management

Bisungo. Maurice, Kimani Chege, Douglas Musiega, 2014, Effects of Competitive Strategies Adopted By Farmers’ Cooperatives on Performance in Butere Sub-County, Kenya, International Journal of Business and Management Invention, ISSN (Online): 2319 – 8028, ISSN (Print): 2319 – 801X, www.ijbmi.org Volume 3 Issue 5ǁ May. 2014 ǁ PP.11-21

Bullen, P and Jenny Onyx, 2000, Measuring social capital in five communities, Journal of Applied Behavioral Science, vol. 36 no. 1, pp. 23-42. http://dx.doi.org/10.1177/0021886300361002

David, Fred R, 2009, Strategic Management (Manajemen Strategis Konsep), Jakarta, Salemba Empat

David. Fred R, 2016, Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, edisi 15, Salemba Empat.

Eliyawati, W., Sutjipta, N., Putra IG Setiawan Adi, 2016, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Unit Desa Suraberata Kecamatan Selemadeg Barat, Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol. 4, No. 1, Mei, ISSN: 2355-0759

Gemima. Dwi, Samsuri, Indra Cahya Kusuma, 2013, Keunggulan Bersaing Koperasi Berkaitan Dengan Penerapan Intellectual Capital, Manajemen Keanggotaan Dan Partisipasi Anggota, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 15, No. 2, September 2013, 191-204 Doi: 10.9744/Jmk.15.2.191-204, ISSN 1411-1438

Goetsch, D. L., dan Davis, S., 1994, Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs: Prentice Hall International, Inc

Gunawan. Dedi Septiadi, Taher Alhabsji, Kusdi Rahardjo, Analisis Lingkungan Eksternal Dan Internal Dalam Menyusun Strategi Perusahaan, (Studi Perencanaan Strategi Komoditi Kelapa Sawit Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

Hanel, Alfred. 1989. Organisasi Koperasi, Pokok-pokok Pikiran Mengenai. Organisasi Koperasi di Negara-negara Berkembang. Yogyakarta: Mida Pustaka.

Hariadi, B., 2005, Strategi Manajemen: Strategi memenangkan Perang Bisnis, Bayumedia Publishing, Jawa Timur.

Hasmi. Muhammad Abu Hassan Asaari, Noorliza Karia, Sahrudeen Kassim, Sofri Yahya, 2004, Business Performance of Small Medium Enterprise: Strategic Planning and Customer Focus, Information Technology and Organizations in the 21 st Century 114

Hendar, 2010, Manajemen Perusahaan Koperasi, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Manajemen Dan Kewirausahaan Koperasi, Erlangga

Karami. Azhdar, 2008, An Investigation On Environmental Scanning And Growth Strategy In High Tech Small And Medium Sized Enterprises), High Technology Small Firms Conference, 21 – 23 May 2008, University of Twente, The Netherlands

Khikmah. Siti Noor, Arif Fajar Wibisono, 2012, Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Perkembangan Usaha Koperasi Di Kota Magelang, Penelitian Dosen pemula, Universitas Muhammadiyah Magelang

Kraja. Ylvije Borici, Elez Osmani, 2015, Importance Of External And Internal Environment In Creation Of Competitive Advantage To Smes. (Case Of Smes, In The Northern Region Of Albania), European Scientific Journal (ESJ), ISSN: 1857-7431, Vol.11, No.13

Kotler, Philip., Keller, Kevin L, 2013, Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga

Lindstad, Olav, 1990, Cooperatives as Tools for Development, makalah dalam makalah dalam Seminar Bank Dunia mengenai ”Donor Support for the Promotion of Rural Cooperatives in Developing Countries: Special Emphasis SubSaharan Africa”, Januari 16-17, Washington, D.C.: the World Bank.

Limakrisna, Nandan dan Wilhelmus Hary Susilo, 2012, Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media

Munkner. Hans H, 1987, Hukum Koperasi, Bandung: Alumni

Parwati. Cyrilla Indri, Inneuke Rose Wijayanti, 2013, Penentuan Faktor Internal Dan Eksternal Dalam Rangka Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing, Institut Sains & Teknologi AKPRINDO Yogyakarta

Pedhazur, 1982, Multiple Regression in Behavioral Research: Explanation and Prediction by Elazar J. on Amazon.com

Poerwandari, K, 1998, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Sosial. Jakarta: LPSP3-UI

Porter E. Michael, 1993, Keunggulan Bersaing , Jakarta, Erlangga

Purba. Tiurniari., Heryenzus, 2018, Analisis Gagalnya Koperasi Di Kota Batam,. Jurnal Akuntansi Barelang, [S.l.], vol. 2, n. 1, p. (174-195), Januari ISSN 2580-5118.

Riduwan & Sunarto, 2011. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, Bandung: Cetakan ke 4, Alfabeta.

Rusidi, 1986, Teknik Penelitian Sosial, Universitas. Padjadjaran Bandung

Ropke, Jochen, 2000, Ekonomi Koperasi Teori dan Manajemen, terjemahan oleh Sri Djatnika, Salemba Empat, Jakarta

Soedirman. 2006, Evaluasi Kinerja Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Striteska. Michaela, Lucie Jelinkova, 2105, Strategic Performance Management with Focus on the Customer, Procedia - Social and Behavioral Sciences 210 (2015) 66 – 76

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Suharsimi. Arikunto, 1993, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Suliyanto, 2009, Analisis Regresi dengan variabel moderating, slideshare

Suprayitno. Bambang, 2007, Kritik Terhadap Koperasi (Serta Solusinya) Sebagai Media Pendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 4, Nomor 2, November 2007

Suryana, 2010, Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Buku Ajar Perkuliahan, Universitas Pendidikan Indonesia

Tambunan, 2010, KADIN Indonesia, Ukuran Daya Saing Koperasi Dan UKM, Pusat Studi Industri dan UKM, Universitas Trisakti, Kadin Indonesia

Wang, Yonggui dan Hing Po Lo, 2004, An Integrated Framework for Customer value and customer relationship management performance: a customer based perspective from China, managing Service Quality: An International Journal, emeraldinsight

http://depkop.go.id

http://diskopukm.jatimprov.go.id/, 2017, Data Jumlah Koperasi Se-Jawa Timur

https://mamanfathurochman.wordpress.com/artikel/manajemen-stratejik-2, Perencanaan Strategis pada Perusahaan Entrepreneurial Dalam Menghadapi Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Eksternal, Research Paper

https://rullyindrawan.wordpress.com/2012/07/30/624, Blue Ocean Strategy dalam Koperasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


indexed by: