PENGARUH VLOGGER REVIEW SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI INTERVENING VARIABEL PADA PRODUK KOSMETIK DAN PERAWATAN WAJAH

Authors

  • Kartika Rose Rachmadi Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/manajemen.v3i2.1580

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel vlogger review, brand image dan purchase intention pada produk kosmetik dan perawatan wajah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik path analysis.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik codalam pengambilan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan vlogger review terhadap brand image, brand image terhadap purchase intention, vlogger review terhadap purchase intention. Untuk brand image sebagai intervening variabel menunjukkan bahwa brand image tidak memediasi dan berpengaruh tidak signifikan saat menjadi intervening variabel pada variabel vlogger review terhadap purchase intention. Kata kunci : Vlogger Review, Celebrity Endorser, Purchase Intention, Brand

Image

 

Abstract

            The purpose of this study is to examine the effect of vlogger review, brand image and purchase intention variables on cosmetic products and face treatment. This research uses quantitative approach method with path analysis technique. The sample used in this study amounted to 100 respondents by using co technique in sampling. The results of this study indicate a significant influence vlogger review of brand image, brand image to purchase intention, vlogger review of purchase intention. For brand image as intervening variable indicates that brand image doesn’t mediate and have insignificant effect as variable intervening variable vlogger review to purchase intention.

Keyword : Vlogger Review, Celebrity Endorser, Purchase Intention, Brand Image

References

Aaker, D. 2014. Building Strong Brands (A. Baderi, Trans). Jakarta: Bumi

Boyd, Walker, Larreche. 2010. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Basu Swastha, Dharmesta dan Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset

Bayu, Yan. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX Di Kota Denpasar. Jurnal. Diakses Tanggal 28 Oktober 2017

Durianto dan Liana. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset, Ekuitas dan Perilaku. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2016. Apilkasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Dalam Periklanan. Jakarta: PT. Raka Grafindo

Kiswalini, Annis. 2013. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal. Diakses Tanggal 3 November 2017

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Pemasaran Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip P., Bowen, John T & Makens, James. 2014. Marketing For Hospitality and Tourism: Sixth Edition. London: Pearson Education Limited

Kotler, Phillip & Gary Amstrong. 2014. Principle Of Marketing 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kurniasari, Irma. 2017. Pengaruh Country Image dan Beauty Vlogger Review Terhadap Purchase Konsumen Kosmetik Korea (Studi Kasus Pada Produk kosmetik.kr). Jurnal. Diakses Tanggal 12 Oktober 2017

Nurmalasari, Adellya. 2015. Analisis Pengaruh Creative Promotion, Visual Merchandising dan Harga Pada Keputusan Pembelian Produk Ritel Fashion (Studi Kasus pada Konsumen PT. Mitra Adi Perkasa). Jurnal. Diakses Tanggal 3 November 2017

Salim, Muhartini. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia. Jurnal. Diakses Tanggal 12 Oktober 2017

Schiffman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Sepria, H, Gevin. 2014. Pengaruh Endorsement Fashion Blogger Terhadap Minat Beli Merek Lokal Pada Tahun 2013-2014 (Studi Kasus Pada Fashion Blogger Evita Nuh). Jurnal. Diakses Tanggal 3 November 2017

Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Terpadu Dalam Periklanan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Suyanto. 2013. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Veronika. 2016. Pengaruh Iklan dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen, Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Kasus Calon Konsumen Shampoo Dove di Pusat Perbelanjaan: Gardena Departemen Store & Supermarket Yogyakarta). Jurnal. Diakses Tanggal 28 Oktober 2017

Widhayanti, Yulia. 2017. Pengaruh Brand Ambassador, Sales Promotion, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image (Studi Kasus Mahasiswa UNDIP untuk Produk Luwak White Koffie). Jurnal. Diakses Tanggal 28 Oktober 2017

http://id.wikipedia.org

http://www.kominfo.go.id/

http://wearesocial.com/

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles