ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PANTAI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP WILLINGNESS TO RECOMMENDATION (Studi Empiris pada Pengunjung Pantai Teluk Asmara di Kabupaten Malang Jawa Timur)

Authors

  • Nanik Wahyuningtiyas Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/manajemen.v3i2.1582

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara parsial terhadap keinginan berkunjung ke Pantai Teluk Asmara, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara simultan terhadap keinginan berkunjung ke Pantai Teluk Asmara, 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara parsial terhadap keputusan berkunjung ke Pantai Teluk Asmara, 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara simultan terhadap keputusan berkunjung ke Pantai Teluk Asmara, 5) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keinginan berkunjung dan keputusan berkunjung ke Pantai Teluk Asmara, 6) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara parsial terhadap willingnes to recommendation di Pantai Teluk Asmara, 7) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas dan pelayanan secara simultan terhadap willingnes to recommendation di Pantai Teluk Asmara 8) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keinginan berkunjung terhadap willingness to recommendation di Pantai Teluk Asmara, 9) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keputusan berkunjung terhadap willingness to recommendation di Pantai Teluk Asmara.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung yang dijumpai di Pantai Teluk Asmara dengan cara membagikan kuisioner, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum faktor–faktor tersebut perpengaruh terhadap keinginan ,keputusan berkunjung, dan willingness to recommendation di Pantai Teluk Asmara. Dalam penelitian ini juga dapat diketahui jika keinginan dan keputusan berkunjung sebagi variabel intervening tidak berdampak pada willingness to recommendation di Pantai Teluk Asmara.

Kata kunci : daya tarik, branding, image, wom, e-wom, fasilitas, pelayanan, keinginan berkunjung, keputusan berkunjung, willingness to recommendation.

 

The purpose of this research are: 1) To know and analyze the influence of attractiveness, branding, image, wom, e-wom, facilities and services partially to the desire to visit the Teluk Asmara Beach, 2) To know and analyze the influence of attractiveness, branding, image, wom, e-wom, facilities and services simultaneously to the desire to visit the Teluk Asmara Beach, 3) To know and analyze the influence of attractiveness, branding, image, wom, e-wom, facilities and services partially to the decision to visit the Teluk Asmara Beach, 4) To know and analyze the influence of attraction, branding, image, wom, e-wom, facilities and services simultaneously to the decision to visit the Teluk Asmara Beach, 5) To know and analyze the influence of visiting desire and decision to visit the Teluk Asmara Beach, 6) To know and analyze the influence of attractiveness, branding, image, wom, e-wom, facilities and services partially limited ap willingnes to recommendation at Teluk Asmara Beach, 7) To know and analyze the effect of attraction, branding, image, wom, e-wom, facilities and services simultaneously to the willingness to recommendation at Teluk Asmara Beach 8) To know and analyze the influence of desire visit to the willingness to recommendation at Teluk Asmara Beach, 9) To know and analyze the influence of visiting decision on willingness to recommendation at Teluk Asmara Beach.

            The samples used in this study were the visitors found in the Teluk Asmara Beach by distributing questionnaires, the result of the research showed that in general the factors influenced the desire, the visiting decision, and the willingness to recommendation in Teluk Asmara Beach. In this study can also be known if the desire and decision to visit as an intervening variable does not affect the willingness to recommendation in Teluk Asmara Beach.

Keyword : attractiveness, branding, image, wom, e-wom, facility, service, visiting desire, visiting decision, willingness to recommendation.

 

References

Agnelia, Revina Anisa dan Aditya Wardhana. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Baraya Travel Pool Buah Batu (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom Angkatan 2013). 2016. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 10., No.2, Oktober 2016. ISSN 2443-0633. (Online). Halaman 172-185

Alvionita, Vanny dan Prijati. Pengaruh Word Of Mouth, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. 2017. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6 Nomer 3 Maret 2017. ISSN: 2461-0593. (Online). Halaman 1

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, EdRevisi VI. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta

Damayanti, Mailiza. 2015. Analisis Faktor-Fakktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Pada Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci Di Kabupaten Tegal. Skripsi dipublikasikan (Online). Semarang. FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS. UNIVERSITAS DIPONEGORO. SEMARANG.

Firdaus, Said dkk. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Mahasiswi Yang Berbelanja Online di Kota Banda Aceh. 2015. Jurnal Manajemen Indonesia (J-Mind) (halaman 69-117) (online)

Ghazali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hasan, Ali dan Niken widiati Setiyaningtiyas. Pengaruh Electronic Word Of Mouth pada Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. 2015. Journal Media Wisata Volume 13 Nomer 1 Mei 2015 (Online). (halaman 224-238),

https://dinitriwardani.wordpress.com/2009/03/27/tingkah-laku-konsumen-pasca-pembelian-produk-sangat-penting-bagi-perusahaan/

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi

(http://pesona.indonesia.travel, 2017).

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles