ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BATU

Authors

  • abdul manab Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v2i2.1584

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan disiplin kerja, motivasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan kinerja guru 2) Untuk mengetahui pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja guru 3) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi terhadap kinerja  guru 4) Untuk mengetahui pengaruh antara gaya kepimpinan terhadap kinerja guru 5) Untuk mengetahui pengaruh antara budaya organisasi terhadap kinerja guru 6) Untuk mengetahui pengaruh antara disiplin kerja, motivasi, gaya kepemimpinan dan organisasi terhadap kinerja guru.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu yang memiliki status PNS dan Non PNS, dimana jumlah pegawai yang memiliki status PNS yaitu sebanyak 41 dan non PNS yaitu sebanyak 31 pegawai, dengan menggunakan total sampling atau sensus sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :1) Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja kinerja guru, artinya semakin meningkatnya disiplin kerja guru maka kinerja guru akan mengalami peningkatan 2) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru, artinya semakin meningkatnya motivasi kerja guru maka kinerja guru akan mengalami peningkatan. 3) Gaya kepimpinan berpengaruh terhadap kinerja guru, artinya semakin baiknya gaya kepemimpinan maka kinerja guru akan mengalami peningkatan4) Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru, artinya semakin baiknya budaya organisasi guru maka kinerja guru akan mengalami peningkatan 5) Terdapat pengaruh antara disiplin kerja, motivasi, gaya kepemimpinan dan organisasi terhadap kinerja guru.

Kata kunci : Disiplin Kerja, Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kinerja Guru

 

Abstract

            This study purposeswere 1) to describe the work discipline, motivation, leadership style, organizational culture and teacher’s performance,  2) to determine the effect of work discipline on teacher’s performance, 3) to determine the effect of motivation on teacher’s performance, 4) to determine the effect of leadership style on teacher’s performance, 5) to determine the effect of organizational culture on teacher’s performance, 6) to determine the effect of work discipline, motivation, leadership style and organizationalculture on teacher’s performance.

            This study population was teachers of Madrasah Aliyah Negeri(Public Islamic Senior High School) at Batu City with government and non government teachers status. The government teachers were 41 people and non and government teachers were 31 people. Total sampling or census method was used to choose the entire population as research samples. Data analysis technique was multiple linear regression analysis with F test and t test.

            The research results and discussion generate following conclusion. First, Work discipline affects on teacher’s performance, it means that higher work discipline will increase theteacher's performance. Second, motivation affects on teacher’sperformance, it means that higher motivation will increase theteacher's performance. Third, leadership style affect on teacher's performance, it means that better leadership style will increase the teacher's performance. Forth,organizational culture affect on teacher's performance, it means that better the organizational culture  will increase the teacher's performance. Fifth, work discipline, motivation and leadership style simultaneously affect on teacher’s performance.

Keyword : Work Discipline, Motivation, Leadership Style, Organizational Culture,Teacher’s performance

References

Alex S. Nitisemito, 2006.Manajemen Personalia, Jakarta : Graha Indonesia.

Arifin, Amirullah, Fauziah, 2005, Perilaku Organisasi, Edisi 1, Penerbit Bayumedia, Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Davis, K dan Newstrom.2005. Perilaku dalam Organisasi.Erlangga : Jakarta

Dharma, Agus, 2003. Manajemen Supervisi. Edisi kelima, Cetakan kelima, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Ferry Hardian, 2015, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap Service Center Panasonic Surabaya), Jurnal Adminsitrasi Bisnis Universitas Brawijaya.

Handoko, T.Hani. 2001. Manajemen Persero. BPFE-UGM, Jogyakarta.

Khurram Zafar Awan, 2012, The Effective Leadership Style In Ngos: impact of servant leadership style on employees’ work performance and mediation effect of work motivation

Laudon, K & P. Laudon, J. (2012).Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital.Edisi 8.Andi Offset. Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Kedua, PT. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Nazir. 2000. Metode Penelitian, Cetakan Pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia. Jakarta

Robbin, S., P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. PT. Indeks, Kelompok Gramedia. Jakarta.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas, Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Siagian P, Sondang.2006. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Singarimbun, Masri dan Sofyan, 2006, Metode Penelitian Survai, Edisi Revisi, Jakarta: LP3S.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis,Bandung: CV. Alphabeta

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles