ANALISIS PENGARUH BRAND EQUITY DAN BRAND TRUST TERHADAP BUYING DECISION KAMERA CANON PADA KOMUNITAS PENCINTA FOTOGRAFI DI KOTA MALANG

Authors

  • Tri Sugiarti Ramadhan Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v5i1.1585

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek terhadap Kepercayaan Merek; 2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian; 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian; 4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Merek.

            Jenis penelian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau Mirrolless pada Komunitas Pecinta Fotografi di Kota Malang, Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 65 responden. Dengan menggunakan metode analisis Path hasil penelitian menunjukan bahwa Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, dan Kepercayaan Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata kunci : Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek,

 Loyalitas Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian

 

            The purposes of this research are 1) to know and analyze the influence of Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, and Brand Loyalty to Brand Trust; 2) to know and analyze the influence of Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, and Brand Loyalty to Buying Decision; 3) to know and analyze the influence of Brand Trust on Buying Decision; 4) to know and analyze the influence of Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Associations and Brand Loyalty to Buying Decision through Brand Trust.

            This research is an explanatory research using quantitative approach. Population on this research are DSLR (Digital Single Lens Reflex) or Mirrolless camera users on Photography Lovers Community in Malang, East Java. The samples are taken by using purposive sampling and obtained the sample size of 65 respondents. Using Path analysis method the results showed that Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty and Brand Trust has significant effect on Buying Decision.

Keyword : Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand

 Loyalty, Brand Trust, Buying Decision.

References

A Aaker, David A. (2008) Manajemen Ekuitas merek. Jakarta: Mitra Utama

Alma, Buchari. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan

Keenam. Alfabeta. Bandung.

Arianis, Chan. (2010). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen (Study Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 6 . No. 1. Hal 34 – 58. Bandung.

Barus (2015) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian

smartphone blackberry (Studi pada Mahasiswa Program S1 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Boy, Oon M S Pane dan Endang Sulistya Rini. (2011). Pengaruh Brand Equity

Flasdisk Merek Kingston Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Amik Mbp Medan.

Cooper, Donald R. 2000. Metode Penelitian Bisnis. Edisi ke-5, Jilid 2. Erlangga :

Jakarta.

Chan, Arianis (2013). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan

Pembelian Konsumen : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung.Jurnal Universitas Padjadjaran, Bandung. Hanin, Amira.

Chan, Arianis (2013). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Keputusan

Pembelian Konsumen : Studi Kasus Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung.Jurnal Universitas Padjadjaran, Bandung. Hanin, Amira.

Dharmayana1, Rahanatha2 2017. Pengaruh brand equity, brand trust, brand

preference, dan kepuasan konsumen terhadap niat beli kembali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 4, 2017: 2018-2046 ISSN : 2302-8912

Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak. 2001. “Strategi Menaklukkan Pasar

Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.†Jakarta : Gramedia.

Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Toni Sitinjak (2001). Strategi Menaklukkan Pasar

Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fauziyah “Pengaruh brand trust dan brand equity terhadap loyalitas konsumen pada

produk kosmetik wardah (Survey Konsumen Pada PT. Paragon Technology And Innovation Cabang Pekanbaru)†JOM FISIP Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016

Ghanimata, Fifyanita. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan

Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang).

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles