PENGARUH KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE MELALUI KEPERCAYAAN MEREK PADA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Rusmanida Rusmanida Magister Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v5i1.1586

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan membeli secara online melalui kepercayaan merek pada e-commerce shopee di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Korelasional (hubungan) untuk menemukan apakah terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih, serta seberapa besar korelasi dan yang ada diantara variabel yang diteliti dengan pengambilan sampel sebanyak 57 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh total  antara variabel kesadaran merek  terhadap keputusan membeli positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi kepercayaan merek  maka keputusan membeli akan semakin meningkat. Begitu juga dengan pengaruh total  antara variabel persepsi kualitas terhadap keputusan membeli positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi persepsi kualitas  maka keputusan membeli akan semakin meningkat.

Kata Kunci: Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Kepercayaan Merek, Keputusan Membeli

 

The purpose of this study was to determine the effect of brand awareness and percevied on online buying decisions through brand trust in e-commerce shopee in Banjarmasin City. The type of research used in this study is Correlational Research (relationship) to find out whether there is a relationship between two or more variables, and how much correlation and existing variables are examined with a sample of 57 respondents.

The results of this study indicate that the total influence between the brand awareness variable on the buying decision a positive can be interpreted that the higher brand trust then the buying decision will increase. Likewise, the total influence between the variables of quality perception of positive buying decisions can be interpreted that the higher the percevied quality then the decision to buy will increase.

Keywords: Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Trust, Buying Decision

References

A Aaker, David A. (2008) Manajemen Ekuitas merek. Jakarta: Mitra Utama

Amstrong, M. (2002). Performance Management. Kogan Page Ltd. New York. A. Shimp

Humdiana. 2005. “Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek Produk Rokok Merek Djarum Black.†Jurnal Ekonomi Perusahaan, Vol.12, No.1 Maret 2005

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi 1. Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta. Bumi Aksara.

Kotler, Philip dan K. L. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Ed.12. jilid1. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran (Terjemahan) Jilid 9. Jakarta : PT. Prehallindo.

Mashyuri M, (2015) Optimization of Cassava Distribution and Marginal Area Usage for Supporting Food EnduranceInternational Journal of Applied Engineering Research (IJAER) Vol.10 No.19

Masyhuri dan M. Zainuddin, Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dan aplikatif), (bandung: PT Refika Aditama, 2008), cet. Ke-1, hal. 8.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Susanto, A. B. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhalindo.

Swastha, Basu dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Downloads

Published

2020-05-05

Issue

Section

Articles