ANALISIS PEMANFAATAN PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI PADA UMKM INDUSTRI RUMAHAN DI DESA KARANG KEDAWANG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • N. Rachma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang
  • Fahrurrozirahman Fahrurrozirahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jimmu.v7i1.14459

Abstract

 

            Penelitian ini menganalisis pemanfaatan pemasaran di medsos dan marketplace pada usaha rumahan seperti sepatu, sandal, helm, kuliner di desa karang kedawang Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara ,kuisioner dan dokumentasi. Perkembangan pemasaran di medsos dan marketplace berpengaruh bagi masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis dan dapat meningkatkan penjualan dan profit di masa pandemi. Dengan menggunakan pemasaran di medsos dan marketplace, Para UMKM di Desa Karang Kedawang memasarkan hasil indutri rumahan berupa sepatu, sandal,helm dan kuliner. Awalnya kegiatan usaha rumahan ini hanya sebagai pengisi waktu luang, kemudian menjadi kegiatan  utama yang dapat  menambah pendapatan  ekonomi dalam rumah tangga. Sebelum pandemi  kegiatan penjualan hasil industri ini secara konvesional maupun tradisional, mereka membuat hasil home industri  hanya berdasarkan pesanan. Tetapi di masa pandemi para UMKM mengalami penurunan penjualan dan sejak itu mulai mengenal adanya pemasaran di medsos dan marketplace maka sebagian sudah mulai menerima banyak pesanan, sehingga penjualan semakin meningkat pesat dibandingkan saat penjualan dengan cara lama. pemasaran di medsos dan marketplace dipandang sebagai media yang paling baik sebagai sarana promosi yang paling efektif dan efisien di masa pandemi serta mampu meningkatkan penjualan.

Kata Kunci:  Pemasaran, Medsos, Marketplace, Peningkatan Penjualan.

 

            This study analyzes the use of marketing in social media and marketplaces for home businesses such as shoes, helmets, culinary in Karang Kedawang Village, Sooko District, Mojokerto Regency. The data collection method uses interviews. Marketing developments on social media and marketplaces have an effect on the community in supporting various business activities and can increase sales volume and profits during the pandemic. By using marketing on social media and marketplaces, MSMEs in Karang Kedawang Village market the results of home industries in the form of shoes, helmets, culinary. Initially, this home-based business activity was only used as a free time filler, then it became the main activity that could increase economic income in the household. Before the pandemic, sales of industrial products were conventional or traditional, they made home industrial products only based on orders. But during the pandemic, MSMEs experienced a decline in sales and since then they have started to recognize the existence of marketing on social media and the marketplace, some have started to receive a lot of orders, so the sales volume is increasing rapidly compared to when selling in the old way. Marketing on social media and marketplace is seen as the best media as the most effective and efficient promotional tool during the pandemic and able to increase sales volume.

Keywords: Marketing, Social Media, Marketplace, Increasing Sales.

References

Augustinah dan widayati 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi makanan Ringan Kripik Singkon di Kabupaten Sampang Vol. 4 No. 2 (2019): DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

Chakti. Andi Gunawan Ratu 2019. The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.Chakti.Andi(2019).Penerbit Celebes Media Perkasa

Firmansyah 2020 ,Komunikasi Pemasaran.CV.Penerbit Qiara Media.Pasuruan .Jawa Timur

Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Joseph, Devito, A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Tanggerang: Kharisma

Kotler, P andGary, Amstrong, 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edis13.Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan ,Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai sebagai komunikasi pemasaran Modern padaBatik Burneh Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi,11(2), 217–225. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Laluyan dkk2019. Implementasi Digital Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen JD.id Jakarta Vol.7. No. 3 September-Desember 2019

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Nasrullah, .Rulli 2015. Media Sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sositeknologi .Penerbit Simbiosa Rekatama Media

Noprianto .2018.Pemanfaatan Media Sosial dan Penerapan Social Media Analytics(SMA) untuk Perpustakaan. Jurnal Pustaka Budaya. Vol. 5, No. 2. Juli 2018 Copyright ©2018, pISSN: 2355-1186 | eISSN: 2442-7799 Available Online at: https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb 1

Opiida. 2014. Pengertian E-marketplace. Retrieved from://tokohalista.wordpress.com(28 desember 2021).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan Kombinasi(mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Taprial, Varindel&Kanwar. Priya. 2012. Undertsanding Social Media.

Vandikj.2013.The Culture of Conectivity, A Critical History of Social Media .UK: Oxford University Press

WIDI (2021) Strtegi Komunikasi pemasaran retail online di tengah pandemi covid 19 (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Mlijo.Online.Mjk). Undergraduate thesis, UPN Veteran Jatim.

APJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 - 2020 https://apjii.or.id/survei

(diakses tanggal 28 Desember 2021).

Beritajatim.com.Senin, 18 Mei 2020, 10:26 WIBReporter : Yusuf Wibisono

Badan Pusat Statistik. 2020. Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomiindonesia-triwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html (diakses tanggal 5desember2021)

Badan Pusat Statistik. 2020. Kota Mojokerto Dalam Angka 2020.https://mojokertokota.bps.go.id/publication/2020/04/27/51a0126ff95455b780c7baa5/kota-mojokerto-dalam-angka-2020.html(diakses tanggal 5 desember2021).

DOCRPIJM_b57666e4dd_BAB II002. Bab 2 Profil Kabupaten Mojokerto.pdf1

Info COVID-19 di Provinsi Jawa Timur. 2021.http://infocovid19.jatimprov.go.id/ (diakses tanggal 16 Desember 2021).Kota Mojokerto. 2020.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/pengguna-internet-di-indonesia-2018-bertambah-28-juta diakses 3 Desember 2021

Katadata.co.id. 2020. Pesan Makanan Online Jadi Pengeluaran Terbanyak Konsumen saat Pandemi.

http://prezi.com/vddmcub ss /social-media-definisi-fungsi-karakteristik/ diakses pada tanggal 03 desember 2021

https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/diakses 20 desember 2021

Opiida. 2014 Pengertian E-marketplace.

Retrievedfrom://tokohalista.wordpress.com(28 desember 2021).

Downloads

Published

2022-01-13

Issue

Section

Articles