Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19

Authors

  • Brahmantya Aji Pramudita Telkom University
  • Muhammad Hablul Barri Telkom University
  • Wahmisari Priharti Telkom University
  • Achmad Rizal Telkom University
  • Novi Prihatiningrum Telkom University
  • Iswahyudi Hidayat Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11694

Keywords:

covid-19, ekonomi, pandemi, marketplace, daring, tokopedia

Abstract

Dampak pandemi Covid-19 bagi masyarakat Indonesia sangat luar biasa. Kebijakan pemerintah dalam membatasi kegiatan masyarakat mengakibatkan sektor ekonomi usaha mikro menjadi sektor paling terpuruk karena berkurangnya transaksi jual beli. Akibatnya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengalami penurunan besar pada kegiatan ekonomi. Platform digital merupakan solusi dan cara dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha. Di Indonesia sudah banyak pilihan marketplace yang dapat digunakan untuk meningkatkan usaha. Berbagai produk dapat dipasarkan melalui marketplace. Selain itu, marketplace memiliki keuntungan dalam memasarkan produk karena memiliki jaringan yang sangat luas. Oleh karena itu, sosialisasi dan pelatihan memanfaatkan platform digital sangat diperlukan untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini. Masyarakat sasar anggota pemuda pengurus masjid Al-Fitroh memiliki latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan belum mendapatkan pekerjaan tetap membutuhkan keahlian usaha untuk menghadapi pandemi. Oleh karena itu, pelatihan usaha dengan memanfaatkan marketplace Tokopedia diperlukan untuk meningkatkan dan mempertahankan daya ekonomi di masa pandemi atau di luar masa pandemi. Hasil dari survei menunjukkan bahwa peserta mendapatkan manfaat dari pelatihan ini dan memiliki ketertarikan untuk membangun usaha atau mengembangkan usaha secara online. Sehingga, peserta dapat beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 ini yang tidak bisa berjualan secara normal. Selain itu, pelatihan ini memiliki potensi untuk menghasilkan pengusaha baru.

References

Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. https://mail.jurnal.madiunkab.go.id/index.php/bp/article/view/48

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62

Barri, M. H., Rizal, A., Cahyadi, W. A., Hidayat, I., Pramudita, B. A., & Prihatiningrum, N. (2021). Pelatihan E-Commerce Bagi Warung Sedekah (Warkah) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Rumah Tangga. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 83. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i1.821

Desiani, A., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209–219. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Diana, & Laila, N. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–8.

Istiatin, & Marwati, F. S. (2021). Sosialisasi Berbagai Peluang Usaha UMKM dan Ekonomi Kreatif di Era New Normal di Dusun Pinggir Desa Telukan Sukoharjo. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 129–140. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.2027

Jalil, A., M, F., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45–60. https://doi.org/https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/142

Kala’lembang, A. (2017). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 14(2), 66–79. 10.25273/capital.v4i1.7358%0A

Mubarrok, U. S., Fajariah, N., & Yani, A. (2021). Fasilitasi peningkatan kompetensi wirausaha kuliner di era pandemi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 190–198. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9249

Perdamaian, P. D., Puspita, A., & Frida, N. (2020). Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 28–36. 10.52005/aktiva.v2i3.61

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109–120. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Taryudi, A., Maulana, D., Hafifah, H., Kistia, J., & ... (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 3(1), 27–35. https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/35346

Zebua, D. D. N., & Sunaryanto, L. T. (2021). Platform Digital Sebagai Alternatif Bertahan Di Era Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Bisnis Pertanian. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 848. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4834

Published

2022-01-17

How to Cite

Pramudita, B. A., Barri, M. H., Priharti, W., Rizal, A., Prihatiningrum, N., & Hidayat, I. (2022). Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 80–91. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11694