Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11860

Keywords:

ikan patin, olahan, pengemasan, promosi, pasar

Abstract

Ketersediaan ikan patin hasil sentra budidaya minapolitan Kabupaten Banjar cukup besar. Namun ikan masih dominan dipasarkan dalam kondisi segar dengan persaingan yang tinggi maka harga ikan patin cenderung berfluktuasi.  Karenanya perlu upaya pengolahan untuk meningkatkan nilai tambah. PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan, dan labelisasi; promosi produk melalui media daring, serta penilaian kelayakan finansial usaha. Metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan terdiri dari (1) Sosialisasi dan diskusi, (2) Demonstrasi, (3) Pelatihan dan pendampingan, dan (4) Evaluasi.  Pelatihan dan pendampingan pengolahan, pengemasan dan labelisasi produk olahan ikan patin kepada kelompok mitra telah memberikan pengaruh pada peningkatan pemahaman anggota kelompok, meskipun peningkatan baru terjadi pada beberapa anggota kelompok.  Proses adopsi dan difusi di antara anggota kelompok mitra terhadap pengelolaan usaha kelompok dengan manajemen yang baik, serta pemasaran produk menggunakan media daring menimbulkan perubahan sikap bisnis kelompok ke arah yang lebih baik. Promosi produk melalui media daring diharapkan akan berdampak terhadap perluasan jangkauan pemasaran produk dan keuntungan usaha olahan ikan patin.

Author Biography

Leila Ariyani Sofia, Universitas Lambung Mangkurat

References

Apriyanti, E. M. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20–27. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Ariyanto, D., & Utami, R. (2006). Evaluasi laju pertumbuhan, keragaman genetik dan estimasi heterosis pada persilangan antar spesies ikan patin (Pangasius sp.). Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada, 8(1), 81. https://doi.org/10.22146/jfs.167

BPS. (2020). Kabupaten Banjar Dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar.

De Silva, D. A. M. (2011). Value chain of Fish and Fishery products : Origin , Functions and Application in Developed and Developing country markets. FAO, 1–53.

Ikhwan, M., Agusliani, E., & Sofia, L. A. (2019). Diversification of processed fish product : financial feasibility crackers processing of snakehead (Channa striata). IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT), 13(2), 25–29. https://doi.org/10.9790/2402-1302022529

Ivanko, B., & Tunjungsari, H. K. (2018). Pengaruh kemasan terhadap minat beli masyarakat dengan kualitas sebagai variabel mediasi pada produk “Legit.†Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(6), 53–59. https://doi.org/10.24912/jmbk.v2i6.4908

Kordi, M. G. H. K. (2010). Budidaya Ikan Patin di Kolam Terpal (1st ed.). ANDI.

Latifah, N., Sofia, L. A., & Lilimantik, E. (2018). Financial feasibility of traditional processing industry: study of processing dry salted fish of Tatah Mina Group, South Kalimantan. IOSR Journal of Environmental Science, Toxicology and Food Technology (IOSR-JESTFT), 12(12), 19–23. https://doi.org/10.9790/2402-1212011923

Lidyasuwanti, A., Rinuastuti, H., & Furkan, L. M. (2017). Pengaruh kemasan, brand image dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada produk pancake durian Sharie Radjanya di Kota Mataram. JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, 6(2), 1–17. https://doi.org/10.29303/jmm.v6i2.105

Mufreni, A. N. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313

Panagan, A. T., Yohandini, H., & Gultom, J. U. (2011). Analisis kualitatif dan kuantitatif asam lemak tak jenuh Omega-3 dari minyak ikan patin (Pangasius pangasius) dengan metoda kromatografi gas. Jurnal Penelitian Sains, 14(4), 38–42. https://doi.org/10.26554/jps.v14i4.204

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Rahardja, B. S., Sari, D., & Alamsjah, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Tepung Daging Bekicot (Achatina fulica) pada Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan, Rasio, Konversi Pakan dan Tingkat Kelulushidupan Benih Ikan Patin (Pangasius pangasius) [Effect of Use of Snail Meat (Achatina fulica) for Artificia. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 3(1), 117. https://doi.org/10.20473/jipk.v3i1.11634

Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh citra merek dan desain kemasan terhadap minat beli konsumen pada produk susu Ultra. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1–16.

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi melalui sosial media, brand awareness, purchase intention pada produk sepatu olahraga. Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47

Sofia, L. A. (2011). Analisis prospek industri pengolahan kerupuk ikan patin â€Intan Sari†di Martapura, Kabupaten Banjar. Fish Scientiae, 1(2), 146–160. https://doi.org/10.20527/fs.v1i2.1191

Sofia, L. A. (2018). Produk unggulan industri rumah tangga berbasis perikanan laut di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, 8(1), 38–50. http://fishscientiae.ulm.ac.id/index.php/fs/article/view/130

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Tarsito, Bandung.

Sudodo, Y. (2019). Analisis pengaruh harga dan kemasan produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 23–27. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.279

Suryaningrum, T. D. (2008). Ikan patin: peluang ekspor, penanganan pascapanen, dan diversifikasi produk olahannya. Jurnal Squalen, 3(1), 16–23. https://www.bbp4b.litbang.kkp.go.id/squalen-bulletin/index.php/squalen/article/view/166

Susanto, H., & Amri, K. (2002). Budi Daya Ikan Patin (Cet.8). Penebar Swadaya.

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., Adriani, Y., & Sarasvati. (2018). Media sosial sebagai sarana informasi dan promosi pariwisata bagi generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientifie Journal, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.32659/tsj.v4i1.46

Trismiyanti, D., & Ravelby, T. A. (2020). Pengaruh kemasan dan keragaman produk terhadap minat beli makanan kucing (Studi kasus merek Whiskas pada pemilik kucing di Kota Solok). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(Januari), 24–30. 10.31317/jmk.11.1.24 - 30.2020

Umar, Z. A. (2012). Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ikan tuna olahan pada PT. Betel Citra Seyan Gorontalo. Jurnal INOVASI, 9(1), 1–26.

Wijaya, Y. E., & Karneli, O. (2017). Pengaruh diversifikasi produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Metropolitan City Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1–15.

Willy, W., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh kemasan produk dan rasa terhadap minat beli yang berdampak pada keputusan pembelian pelanggan minuman energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 65–74. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1820

Published

2021-12-28

How to Cite

Sofia, L. A., & Yunita, R. (2021). Perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), 58–70. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.11860