Peningkatan produktivitas kerajinan tangan pirografi berbasis digital
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia berkembang sangat pesat. Battosae Kertosono adalah UMKM yang bergerak di bidang kerajinan tangan pirografi. Namun, UMKM ini memiiki beberapa kendala antara lain, masih manualnya peralatan yang digunakan, media pemasaran yang monoton dan masih rendahnya pemahaman tentang financial technology. Untuk menyelesaikan masalah, kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdian yaitu: 1) Penambahan alat produksi untuk meningkatkan produktivitas usaha; 2) Penambahan variasi metode pemasaran; 3) Manajemen Usaha dan Pengenalan financial technology. Penambahan alat produksi untuk meningkatkan produktivitas usaha. Penambahan alat produksi diwujudkan melalui pengadaan printer laser kayu engraving dan computer untuk meningkatkan kreatifitas, kerapihan dan efisiensi waktu pengerjaan sehingga produk yang dihasilkan menjadi lebih baik. Kegiatan peningkatan variasi metode pemasaran diwujudkan melalui penggunaan sosial media dan marketplace. Pemanfaatan media sosial dan marketplace menurunkan biaya pemasaran dan mampu memperluas pasar. Sedangkan kegiatan peningkatan managemen usaha dan pengenalan financial technology dilakukan dengan pelatihan dan diskusi bersama pemilik usaha. Melalui kegiatan ini pelayanan yang diberikan oleh pengrajin Battosae Kertosono semakin baik karena dapat memberikan kemudahan transaksi dan pelayanan kepada konsumen.
Keywords
References
Ahsyar, T. K., Syaifullah, S., & Ardiansyah, A. (2020). E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1), 43. https://doi.org/10.24014/rmsi.v6i1.8768
Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreuner Dan Enterpreneurship, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.383
BPS - Statistics Indonesia. (2019). February 2019: Open Unemployment Rate (TPT) of 5.01 Percent. In 2019-05-06 (Issue 41).
Dinsos. (2018). Nganjuk Nyawiji “Mbangun Deso Noto Kutho.”
Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikraith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/982
Hasri, B., Santoso, S., & Santosa, D. (2014). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran Daerah di Kabupaten Ngawi. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(2), 1–12. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/6947
Irawan, B. (2019). Organisasi Formal Dan Informal: Tinjauan Konsep, Perbandingan, Dan Studi Kasus. Jurnal Administrative Reform, 6(4), 195–220. https://doi.org/10.52239/jar.v6i4.1921
Ling, A. (2013). Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deskriptif Pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). Agora, 1(1), 1–8. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/288
Maria, Aladin, A., Firmansyah, Indriasari, D., & Choiruddin. (2019). Pengelolaan usaha pada usaha mikro kecil menengah di kawasan industri tuan kentang. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Pada Masyarakat (SNAPTEKMAS), 1(1), 108–116. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2024
Murdianto, D., Waluyo, M. B., Maidhah, A. A., & ... (2020). Identifikasi Pengembangan Teknologi Tepat Guna Pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kota Tarakan. LISYABAB Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(2), 247–254. https://lisyabab-staimas.e-journal.id/lisyabab/article/view/45
Rahardjo, B., Ikhwan, K., & Siharis, A. K. (2019). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Magelang. Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Untidar 2019, 347–356. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/2093
Sholeh, M., Triyono, J., & Rachmawati, R. Y. (2020). Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 158–164. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.965
Suryanto, S., Hermanto, B., & Tahir, R. (2020). Edukasi Fintech Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i1.25060
Wikipedia, ensiklopedia bebas. (2021). Pirografi.
DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lustina Fajar Prastiwi, Inayati Nuraini Dwiputri, Annisya’ Annisya’, Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) is indexed by:
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) ISSN 2621-783X (online), ISSN 2654-282X (print) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.