Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa
Abstract
Keywords
References
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Asnan, D. A. (2018). Pelatihan Strategi Self Regulated Learning Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang).
Binbasaran Tuysuzoglu, B., & Greene, J. A. (2015). An investigation of the role of contingent metacognitive behavior in self-regulated learning. Metacognition and Learning, 10(1), 77–98. https://doi.org/10.1007/S11409-014-9126-Y/TABLES/4
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, D. S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Cahyono, T., Hidayah, N., & Muslihati. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan Kemandirian Belajar Dengan Strategi Individual Learning Plan Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2365—2372. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8353
Carter Jr, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated Learning in Online Learning Environments: Strategies for Remote Learning. Information and Learning Sciences, 121(5/6), 321–329. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114
Dewi, A. P. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Self Regulated Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. JURNAL SIGNAL, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.33603/SIGNAL.V8I2.3518
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EMPATI, 6(3), 154–159. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Faruq, F., & Daliman, D. (2021). Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49. https://doi.org/10.30738/AD.V4I2.10577
Freddy, F., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2021). Self-regulated Learning Sebagai Mediator Keterlibatan Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.30996/PERSONA.V10I1.4321
Gestiardi, R., & Ahmad Dahlan, U. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227–237. https://doi.org/10.25273/PE.V10I2.7379
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P657-666
Harahap, A. C. P. (2020). COVID 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. AL-IRSYAD, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.30829/AL-IRSYAD.V10I1.7646
Kastenmeier, A. S., Redlich, P. N., Fihn, C., Treat, R., Chou, R., Homel, A., & Lewis, B. D. (2018). Individual learning plans foster self-directed learning skills and contribute to improved educational outcomes in the surgery clerkship. The American Journal of Surgery, 216(1), 160–166. https://doi.org/10.1016/J.AMJSURG.2018.01.023
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Www.Kemdikbud.Go.Id.
Liza Lubis, I. S. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. JURNAL DIVERSITA, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/DIVERSITA.V4I2.1884
Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/PSIKIS.V3I2.1758
Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. (2018). Mediasi Konsep Diri Akademik Dalam Peran Regulasi Diri Belajar Terhadap Komitmen Kepada Pilihan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 67–83. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.15169
Meiliati, R., Darwis, M., & Asdar, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 2(1), 83–91. https://doi.org/10.35580/IMED9484
Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-Regulated Learning: Current and Future Directions. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(1), 1–34.
Mukhid, A. (2008). Strategi Self Regulated Learning. TRADIS : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 222–239.
Mustajab, M., Baharun, H., & Fawa’iedah, Z. (2020). Adapting to Teaching and Learning during COVID-19: A Case of Islamic School’s Initiative of Self-Regulated Learning. Nadwa: Journal of Education and Teacher Training, 14(2), 241–264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515
Nahdi, D. S., & Juju, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Self-regulated Learning (Srl) Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.31949/JCP.V2I1.316
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Panadero, E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. Frontiers in Psychology, 8, 1–28. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2017.00422/BIBTEX
Paska, P. E. I. N., & Laka, L. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Self-Regulated Learning Siswa. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 5(2), 39–54. https://doi.org/10.53544/SAPA.V5I2.133
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan BiologI, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Ratnafuri, I., & Muslihati, M. (2020). Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 16–22.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Syamsudin, S., & Supriyanto, A. (2019). Konsep Individual Learning Plan. Proceeding of The URECOL, 160–165.
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. ASKARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89–95. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107
Utami, S. R., Saputra, W. N. E., Suardiman, S. P., & Kumara, A. R. (2020). Peningkatan Self-Regulated Learning Siswa melalui Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.25273/COUNSELLIA.V10I1.4730
Widya Pratama, F. (2017). Peran Self-Regulated Learning dalam Memoderatori Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/J.SW.2017.V33.I2.P99-108
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343
Yamada, M., Goda, Y., Matsuda, T., Kato, H., & Miyagawa, H. (2015). The Relationship Among Self-Regulated Learning, Procrastination, And Learning Behaviors In Blended Learning Environment. 12th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2015), 67–74.
Yumna, N., Sukarti, S., & Gusniarti, U. (2020). Efektivitas Pelatihan Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Matematika Di Madrasah Tsanawiah “X” Sleman. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jpm.v2i1.2429
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V1I2.549
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.
DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Faruq Faruq, Muhammad Fahmi Aziz, Lisnawati Ruhaena

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) is indexed by:
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) ISSN 2621-783X (online), ISSN 2654-282X (print) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.