Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa

Faruq Faruq, Muhammad Fahmi Aziz, Lisnawati Ruhaena

Abstract


Pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa permasalahan di semua lini kehidupan, terkhusus di bidang pendidikan. kurangnya kemampuan pengaturan diri dalam belajar pada siswa menyebabkan permasalahan pada proses pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengaturan diri dalam belajar siswa dengan menggunakan strategi rencana pembelajaran individu (Individual Learning Plans). Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan peserta selama tujuh hari, dan evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terjadi peningkatan pengaturan diri dalam belajar peserta PKM melalui pelatihan individual learning plan dan adanya perubahan perilaku belajar peserta PKM. Oleh karena itu pelatihan ILP efektif meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa di masa pandemi. Pelatihan ini memberikan kontribusi pada ranah pendidikan bahwa kemampuan pengaturan diri dalam belajar yang dimiliki siswa dapat membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan belajar khususnya dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan pihak sekolah dan guru agar kegiatan seperti ini dapat dijalankan secara berkala sehingga bisa mengevaluasi proses belajar siswa secara tepat.

Keywords


self regulated learning; strategi pembelajaran; siswa

Full Text:

PDF | SIMILARITY CHECK

References


Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Asnan, D. A. (2018). Pelatihan Strategi Self Regulated Learning Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang).

Binbasaran Tuysuzoglu, B., & Greene, J. A. (2015). An investigation of the role of contingent metacognitive behavior in self-regulated learning. Metacognition and Learning, 10(1), 77–98. https://doi.org/10.1007/S11409-014-9126-Y/TABLES/4

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, D. S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cahyono, T., Hidayah, N., & Muslihati. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan Kemandirian Belajar Dengan Strategi Individual Learning Plan Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2365—2372. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8353

Carter Jr, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated Learning in Online Learning Environments: Strategies for Remote Learning. Information and Learning Sciences, 121(5/6), 321–329. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Dewi, A. P. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Self Regulated Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. JURNAL SIGNAL, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.33603/SIGNAL.V8I2.3518

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EMPATI, 6(3), 154–159. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Faruq, F., & Daliman, D. (2021). Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49. https://doi.org/10.30738/AD.V4I2.10577

Freddy, F., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2021). Self-regulated Learning Sebagai Mediator Keterlibatan Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.30996/PERSONA.V10I1.4321

Gestiardi, R., & Ahmad Dahlan, U. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227–237. https://doi.org/10.25273/PE.V10I2.7379

Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P657-666

Harahap, A. C. P. (2020). COVID 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. AL-IRSYAD, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.30829/AL-IRSYAD.V10I1.7646

Kastenmeier, A. S., Redlich, P. N., Fihn, C., Treat, R., Chou, R., Homel, A., & Lewis, B. D. (2018). Individual learning plans foster self-directed learning skills and contribute to improved educational outcomes in the surgery clerkship. The American Journal of Surgery, 216(1), 160–166. https://doi.org/10.1016/J.AMJSURG.2018.01.023

Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Www.Kemdikbud.Go.Id.

Liza Lubis, I. S. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. JURNAL DIVERSITA, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/DIVERSITA.V4I2.1884

Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/PSIKIS.V3I2.1758

Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. (2018). Mediasi Konsep Diri Akademik Dalam Peran Regulasi Diri Belajar Terhadap Komitmen Kepada Pilihan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 67–83. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.15169

Meiliati, R., Darwis, M., & Asdar, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 2(1), 83–91. https://doi.org/10.35580/IMED9484

Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-Regulated Learning: Current and Future Directions. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(1), 1–34.

Mukhid, A. (2008). Strategi Self Regulated Learning. TRADIS : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 222–239.

Mustajab, M., Baharun, H., & Fawa’iedah, Z. (2020). Adapting to Teaching and Learning during COVID-19: A Case of Islamic School’s Initiative of Self-Regulated Learning. Nadwa: Journal of Education and Teacher Training, 14(2), 241–264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515

Nahdi, D. S., & Juju, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Self-regulated Learning (Srl) Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.31949/JCP.V2I1.316

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Panadero, E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. Frontiers in Psychology, 8, 1–28. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2017.00422/BIBTEX

Paska, P. E. I. N., & Laka, L. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Self-Regulated Learning Siswa. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 5(2), 39–54. https://doi.org/10.53544/SAPA.V5I2.133

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan BiologI, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Ratnafuri, I., & Muslihati, M. (2020). Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 16–22.

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Syamsudin, S., & Supriyanto, A. (2019). Konsep Individual Learning Plan. Proceeding of The URECOL, 160–165.

Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. ASKARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89–95. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020

Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107

Utami, S. R., Saputra, W. N. E., Suardiman, S. P., & Kumara, A. R. (2020). Peningkatan Self-Regulated Learning Siswa melalui Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.25273/COUNSELLIA.V10I1.4730

Widya Pratama, F. (2017). Peran Self-Regulated Learning dalam Memoderatori Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/J.SW.2017.V33.I2.P99-108

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343

Yamada, M., Goda, Y., Matsuda, T., Kato, H., & Miyagawa, H. (2015). The Relationship Among Self-Regulated Learning, Procrastination, And Learning Behaviors In Blended Learning Environment. 12th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2015), 67–74.

Yumna, N., Sukarti, S., & Gusniarti, U. (2020). Efektivitas Pelatihan Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Matematika Di Madrasah Tsanawiah “X” Sleman. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jpm.v2i1.2429

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V1I2.549

Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Faruq Faruq, Muhammad Fahmi Aziz, Lisnawati Ruhaena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) is indexed by:

         

Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 

Creative Commons License
Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) ISSN 2621-783X (online), ISSN 2654-282X (print) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.