Individual learning plan sebagai upaya meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13749Keywords:
self regulated learning, strategi pembelajaran, siswaAbstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa permasalahan di semua lini kehidupan, terkhusus di bidang pendidikan. kurangnya kemampuan pengaturan diri dalam belajar pada siswa menyebabkan permasalahan pada proses pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengaturan diri dalam belajar siswa dengan menggunakan strategi rencana pembelajaran individu (Individual Learning Plans). Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, pendampingan peserta selama tujuh hari, dan evaluasi program. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terjadi peningkatan pengaturan diri dalam belajar peserta PKM melalui pelatihan individual learning plan dan adanya perubahan perilaku belajar peserta PKM. Oleh karena itu pelatihan ILP efektif meningkatkan pengaturan diri dalam belajar siswa di masa pandemi. Pelatihan ini memberikan kontribusi pada ranah pendidikan bahwa kemampuan pengaturan diri dalam belajar yang dimiliki siswa dapat membantu siswa untuk menyelesaikan permasalahan belajar khususnya dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan pihak sekolah dan guru agar kegiatan seperti ini dapat dijalankan secara berkala sehingga bisa mengevaluasi proses belajar siswa secara tepat.References
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Asnan, D. A. (2018). Pelatihan Strategi Self Regulated Learning Untuk Mengurangi Kesulitan Belajar (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII D SMP N 3 Mertoyudan, Magelang).
Binbasaran Tuysuzoglu, B., & Greene, J. A. (2015). An investigation of the role of contingent metacognitive behavior in self-regulated learning. Metacognition and Learning, 10(1), 77–98. https://doi.org/10.1007/S11409-014-9126-Y/TABLES/4
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, D. S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Cahyono, T., Hidayah, N., & Muslihati. (2016). Pengembangan Paket Pelatihan Kemandirian Belajar Dengan Strategi Individual Learning Plan Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2365—2372. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8353
Carter Jr, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated Learning in Online Learning Environments: Strategies for Remote Learning. Information and Learning Sciences, 121(5/6), 321–329. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114
Dewi, A. P. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Self Regulated Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. JURNAL SIGNAL, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.33603/SIGNAL.V8I2.3518
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EMPATI, 6(3), 154–159. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Faruq, F., & Daliman, D. (2021). Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Siswa SMP. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49. https://doi.org/10.30738/AD.V4I2.10577
Freddy, F., Lestari, S., & Prihartanti, N. (2021). Self-regulated Learning Sebagai Mediator Keterlibatan Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa SMA. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.30996/PERSONA.V10I1.4321
Gestiardi, R., & Ahmad Dahlan, U. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227–237. https://doi.org/10.25273/PE.V10I2.7379
Hadin, H., Pauji, H. M., & Aripin, U. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTS Ditinjau Dari Self Regulated Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 657–666. https://doi.org/10.22460/JPMI.V1I4.P657-666
Harahap, A. C. P. (2020). COVID 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. AL-IRSYAD, 10(1), 36–42. https://doi.org/10.30829/AL-IRSYAD.V10I1.7646
Kastenmeier, A. S., Redlich, P. N., Fihn, C., Treat, R., Chou, R., Homel, A., & Lewis, B. D. (2018). Individual learning plans foster self-directed learning skills and contribute to improved educational outcomes in the surgery clerkship. The American Journal of Surgery, 216(1), 160–166. https://doi.org/10.1016/J.AMJSURG.2018.01.023
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Www.Kemdikbud.Go.Id.
Liza Lubis, I. S. (2018). Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. JURNAL DIVERSITA, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.31289/DIVERSITA.V4I2.1884
Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/PSIKIS.V3I2.1758
Mardhiyah, K. Z., & Indianti, W. (2018). Mediasi Konsep Diri Akademik Dalam Peran Regulasi Diri Belajar Terhadap Komitmen Kepada Pilihan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 67–83. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.15169
Meiliati, R., Darwis, M., & Asdar, A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Self Efficacy, dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Issues in Mathematics Education (IMED), 2(1), 83–91. https://doi.org/10.35580/IMED9484
Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-Regulated Learning: Current and Future Directions. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 2(1), 1–34.
Mukhid, A. (2008). Strategi Self Regulated Learning. TRADIS : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 222–239.
Mustajab, M., Baharun, H., & Fawa’iedah, Z. (2020). Adapting to Teaching and Learning during COVID-19: A Case of Islamic School’s Initiative of Self-Regulated Learning. Nadwa: Journal of Education and Teacher Training, 14(2), 241–264. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.2.6515
Nahdi, D. S., & Juju, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Self-regulated Learning (Srl) Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.31949/JCP.V2I1.316
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Panadero, E. (2017). A review of self-regulated learning: Six models and four directions for research. Frontiers in Psychology, 8, 1–28. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2017.00422/BIBTEX
Paska, P. E. I. N., & Laka, L. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Self-Regulated Learning Siswa. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 5(2), 39–54. https://doi.org/10.53544/SAPA.V5I2.133
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan BiologI, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Ratnafuri, I., & Muslihati, M. (2020). Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 16–22.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self-Regulated Learning dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal EMPATI, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS
Syamsudin, S., & Supriyanto, A. (2019). Konsep Individual Learning Plan. Proceeding of The URECOL, 160–165.
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. ASKARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89–95. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1107
Utami, S. R., Saputra, W. N. E., Suardiman, S. P., & Kumara, A. R. (2020). Peningkatan Self-Regulated Learning Siswa melalui Konseling Ringkas Berfokus Solusi. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.25273/COUNSELLIA.V10I1.4730
Widya Pratama, F. (2017). Peran Self-Regulated Learning dalam Memoderatori Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Satya Widya, 33(2), 99–108. https://doi.org/10.24246/J.SW.2017.V33.I2.P99-108
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343
Yamada, M., Goda, Y., Matsuda, T., Kato, H., & Miyagawa, H. (2015). The Relationship Among Self-Regulated Learning, Procrastination, And Learning Behaviors In Blended Learning Environment. 12th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2015), 67–74.
Yumna, N., Sukarti, S., & Gusniarti, U. (2020). Efektivitas Pelatihan Self-Regulated Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Matematika Di Madrasah Tsanawiah “X†Sleman. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(1), 36–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jpm.v2i1.2429
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/TEOREMA.V1I2.549
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
.