Pemanfaatan aplikasi daring untuk peningkatan pemasaran songket dan purun perajin Burai

Authors

  • Sri Indra Maiyanti Universitas Sriwijaya
  • Anita Desiani Universitas Sriwijaya http://orcid.org/0000-0001-8851-2454
  • Sugandi Yahdin Universitas Sriwijaya
  • Erwin Erwin Universitas Sriwijaya
  • Desty Rodiah Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Naufal Rachmatullah Universitas Sriwijaya
  • Dite Geovanni Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Akmal Shidqi Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Gibran Al-Filambany Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14356

Keywords:

Burai, songket, purun, pemasaran, media sosial, marketplace

Abstract

Desa Burai merupakan salah satu desa yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Masyarakat Desa Burai mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin songket dan pengrajin anyaman purun. Usaha rumah tangga ini mengalami kendala pada masalah pemasaran yang terbatas. Kegiatan pelatihan dan penyuluhan aplikasi daring seperti WhatsApp Business dan marketplace dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan hasil kerajinan songket dan purun. Selama ini pemasaran yang dilakukan oleh pengrajin songket dan kerajinan anyaman purun masih dengan cara manual tanpa bantuan aplikasi daring. Tim memberdayaan penggunaan apliaksi daring yaitu media sosial WhatsApp Business dan marketplace Shopee bagi para perajin songket dan anyaman purun. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan berupa paparan meteri dan pelatihan. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan dilakukan pre-test sebelum kegiatan pendampingan dimulai da post-test setelah kegiatan dilaksanakan. Dari uji yang dilakukan menunjukkan adanya perubahan yang signifikan dari peserta pada saat sebelum diberikan pendampingan dan setelah dilakukan pendampingan. Dari hasil pre-test dan post-test menunjukan adanya peningkatan lebih dari 20% setelah dilakukannya kegiatan. Hal menyimpulkan bahawa para perajin telah mampu menggunakan aplikasi daring untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas.

References

Al Rosjidi, A., Aisyah, M., Nurfauziya, A., Riantika, R. L., Ardiami, K. P., Dewi, H. R., Kholid, M. N., & Azizah, F. (2021). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Instagram dan Shopee untuk Pemasaran Produk Olahan Salak. Journal of Community Services, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.20885/rla.vol1.iss1.art6

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24–29. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/36

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis dalam Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR : Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 08(02), 21–45. https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/eksyar/article/view/188

Badan Pusat Statistik. (2021). Luas Daerah dan Jumlah Pulau Menurut Provinsi, 2021. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/UFpWMmJZOVZlZTJnc1pXaHhDV1hPQT09/da_01/1

Budiwirman, & Syafwandi. (2019). Hermeneutika Songket Sebagai Pakaian Adat Dalam Perspektif Budaya Minangkabau. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12502

Chrisnathaniel, H. C., Hartini, S., & Rahayu, S. P. (2021). Analisis Gamification Shopee.com Sebagai Media Pemasaran Terhadap EWOM, Positive Emotion , & Repurchase Intention (Pada Aplikasi Shopee.com). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 15–32. https://doi.org/10.29407/nusamba.v6i1.14630

Cundari, L., Arita, S., Komariah, L. N., Agustina, T. E., & Bahrin, D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di desa burai. Jurnal Teknik Kimia, 25(1), 5–12. https://doi.org/10.36706/jtk.v25i1.14

Desiani, A., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209–219. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

Detmuliati, A. (2021). Analisis Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat di Desa Burai Sumatera Selatan. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 3(01), 90–102. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i01.170

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., & Hui, L. K. (2019). Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Manajerial Mahasiswa. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 247–257. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p247

Harmani, B. S., Jati, S. ., Mayasari, Akbar, M., & Rahman, M. (2020). Partisipasi Multipihak dalam Pengembangan Geowisata di Desa Burai, Tanjung Batu Ogan Ilir. Prosiding AVoER XII Tahun 2020, November, 18–19. http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/242

Hendriyani, C., Dwianti, S. P., Herawaty, T., & Ruslan, B. (2020). Analisis Pengunaan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Perjualan Dan Kedekatan Dengan Pelanggan Di Pt Saung Angklung Udjo. AdBispreneur, 5(2), 193–200. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.29171

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105–117. https://doi.org/10.31294/par.v3i2.1383

Kartika, I., Lisnini, & Alhadi, E. (2020). Studi Kelayakan Desa Burai Sebagai Desa Wisata di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 20–29. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtiemb/article/view/2256

Maharani, D., & Amin, H. F. Al. (2021). Model Komunikasi Pariwisata Kampung Warna Warni Desa Burai Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan Desa Burai adalah wilayah Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera dengan populasi penduduk wisata air, perikanan serta budaya dan dikemba. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(1), 21–37. https://doi.org/10.31506/jrk.v12i1.10796

Nurastuti, W. (2021). Whatsapp Business sebagai Alat Bantu Pedagang Pasar Tradisional pada Era New Normal di Kota Yogyakarta. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 443–449. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i2.1449

Viatra, A. W., & Triyanto, S. (2014). Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenundi Indralaya, Palembang. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 16(2), 168. https://doi.org/10.26887/ekse.v16i2.73

Wahdah, R., & Amalia, H. S. (2016). Pengembangan Daya Saing Produk pada Sentra Kerajinan Purun di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Jurnal Spread, 6(2), 89–99. http://journal.stiei-kayutangi-bjm.ac.id/index.php/jibk/article/view/250

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362

Wiranty, W., & Mastuti, D. L. (2018). Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui Metode Presentasi Kelas Tahun Akademik 2016/2017 Semester Genap. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 129–142. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/832

Published

2022-07-14

How to Cite

Maiyanti, S. I., Desiani, A., Yahdin, S., Erwin, E., Rodiah, D., Rachmatullah, M. N., Geovanni, D., Shidqi, M. A., & Al-Filambany, M. G. (2022). Pemanfaatan aplikasi daring untuk peningkatan pemasaran songket dan purun perajin Burai. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 305–317. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14356