Penggunaan drill method dalam perilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan COVID-19

Authors

  • Diah Merdekawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Ani Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Mefrie Puspita Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14617

Keywords:

PHBS, cuci tangan, drill method

Abstract

Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dapat diaplikasikan melalui dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satu masalah yang ditemukan yaitu kondisi dan lingkungan mitra (Rumah Yatim YMAJU) kurang memadai serta belum ada penerapan PHBS. Untuk itu, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam menerapkan PHBS. Solusi yang diberikan berupa edukasi tentang PHBS. Tujuan PHBS menjadikan peningkatan kualitas perilaku hidup bersih dan sehat pada sebagian besar masyarakat. Melalui PHBS tiap individu menjadi sadar dan ikut serta dalam menerapkan perilaku di kehidupan sehari-hari. Sasaran penyuluhan PHBS ini adalah anak yatim dibawah binaan Yayasan Mutiara Abadi Jariah Umat. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dilakukan dengan drill method berupa penyuluhan PHBS, demonstrasi dan simulasi mencuci tangan. Tahap evaluasi diperoleh hasil peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang PHBS dan mencuci tangan. Pengetahuan dan keterampilan PHBS yang baik akan menjadi dasar bagi peserta terhindar dari penularan COVID-19.

References

Andin, A. H., Zahroh, C., & Fasya, A. H. Z. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Masa Pandemi Covid-19. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(1), 78–88. https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/1193

Asda, P., & Sekarwat, N. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Kejadian Penyakit Infeksi dalam Keluarga di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Jurnal Media Keperawatan : Politeknik Kesehatan Makassar, 11(01), 1–6. https://doi.org/10.32382/jmk.v11i1.1237

Brekke, M., Hogstad, P. H. (2010). New teaching methods - Using computer technology in physics, mathematics and computer science. International Journal of Digital Society (IJDS), 1(1), 18–24. https://doi.org/10.20533/ijds.2040.2570.2010.0004

Delazer, M., Ischebeck, A., Domahs, F., Zamarian, L., Koppelstaetter, F., Siedentopf, C. M., Kaufmann, L., Benke, T., & Felber, S. (2009). Learning by strategies and learning by drill—evidence from an fMRI study. NeuroImage, 25(3), 838–849. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2004.12.009

Desiyanto, F. A., & Djannah, S. N. (2013). Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2), 75–82. https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i2.1041

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia.

Haswita, & Agustiana, L. (2014). Implementasi Metode Drill and Practice Kompetensi Anatomi Fisiologi Sistem Kardiovaskuler terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester I Prodi DIII Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 1(1), 62–72. https://e-journal.akesrustida.ac.id/index.php/jikr/article/view/26

Kani, U. M., & Sa’ad, T. U. (2015). Drill as a Process of Education. European Journal of Business and Management, 7(21), 175–178.

Karuniawati, B., & Putrianti, B. (2020). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan Penularan COVID-19. Jurnal Kesehatan Karya Husada (JKKH), 2(8), 112–131. https://doi.org/10.36577/jkkh.v8i2.411

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran (7th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Merdekawati, D., & Astuti, A. (2018). Drill Method to Improve Diabetic Ulcer Treatment Competency. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (INJEC), 3(1), 36–43. https://doi.org/10.24990/injec.v3i1.192

Merdekawati, D., Astuti, A., & AZ, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Perawat Tentang Deteksi Dini Sirkulasi Perifer Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II. Jurnal Keperawatan, 14(2), 377–386. https://journal2.stikeskendal.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/43

Merdekawati, D., Astuti, A., & Hartesi, B. (2019). Pengolahan Salep Madu Hitam Hutan Jambi untuk Perawatan Luka. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 7(2), 121–129. https://doi.org/10.18196/bdr.7264

Muslih, M. (2009). KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara.

Natsir, M. F. (2018). Pengaruh Penyuluhan CTPS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(2), 1–9. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jnik/article/view/5977

Ningsih, E. W. (2013). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Motivasi Perawat dengan Perilaku Pencegahan Infeksi Nosokomial di Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) (1st ed.). Nuha Medika.

Putri, S. I. (2020). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Pencegahan Transmisi Covid-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(khusus), 9–17. https://doi.org/10.33490/jkm.v6iKhusus.280

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar (13th ed.). Alfabeta.

Sahputra, R. T. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Era Pandemi Covid-19 Di Indonesia (Literature Review). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(3), 765–770. https://doi.org/10.37287/jppp.v4i3.957

Sudira, I. N., Suhandana, A., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Prestasi Belajar Seni Tari Ditinjau dari Kreativitas pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Sukawati. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.681

Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Interaktif dengan Strategi Drill terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 95–104. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2034

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. G. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur Ii. Journal of Environmental Health, 4, 99–106. http://www.poltekkes-denpasar.ac.id/files/JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN/Ketut Sulastri1, I Nyoman Purna2, I NyomanGede Suyasa3.pdf

Sumiati, & Asra. (2008). Metode pembelajaran (2nd ed.). Wacana Prima.

Usman, M. B. (2002). Metodologi pembelajaran agama Islam. Ciputat Pres.

Walton, J., Chute, E., & Ball, L. (2011). Negotiating the role of the professional nurse: The pedagogy of simulation: A grounded theory study. Journal of Professional Nursing, 27(5), 299–310. https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2011.04.005

Wati, R. (2011). Pengaruh Pemberian Penyuluhan PHBS tentang Mencuci Tangan terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencuci Tangan pada Siswa Kelas V di SDN Bulukantil Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Wenno, I. H., Wattimena, P., & Maspaitela, L. (2016). Comparative Study between Drill Skill and Concept Attainment Model towards Physics Learning Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(3), 211–215. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i3.4541

Yudhastuti, R. (2020). The use of cloth face maskduring the pandemic period inindonesian people. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasiona, 15(2), 32–36. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V15I2.3945

Published

2022-07-18

How to Cite

Merdekawati, D., Astuti, A., & Puspita, M. (2022). Penggunaan drill method dalam perilaku hidup bersih dan sehat sebagai pencegahan COVID-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2), 331–342. https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i2.14617