BINA MASYARAKAT KELURAHAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MELALUI PROGRAM PEMERIKSAAN KESEHATAN UNTUK DETEKSI HIPERTENSI

Doti Wahyuningsih, Sri Herlina

Abstract


Latar Belakang Hipertensi adalah penyakit berbahaya namun demikian timbulnya penyakit dan akibat buruknya bisa dicegah. Penyakit ini sering ada tanpa memberikan gejala yang didasari penderita. ”Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati” merupakan anjuran yang belum dilaksanakan sepenuhnya oleh individu maupun masyarakat. Menjadi tugas tenaga kesehatan untuk terus memberi dan mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan hal tersebut. Salah satu sarana untuk melaksanakan hal tersebut adalah melalui program pemeriksaan kesehatan rutin dan berkelanjutan.

Tujuan Program ini yaitu untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dengan masyarakat.

Metode Pelaksanaan kegiatan di lakukan di Balai Kelurahan, salah satu keluharan di Kabupaten Malang. Peserta berjumlah 150 warga dari 11 RW yang tersebar diwilayah ini. Peralatan yang digunakan adalah: Sphygmomanometer, stetoscope, Timbang badan, alat ukur tinggi badan, kit pemeriksaan kimia darah (pemeriksaan gula darah sewaktu, lemak darah, asam urat), Media cetak (brosur) tentang anjuran hidup bersih dan menjaga kesehatan lebih baik dari mengobati.

Hasil Sebanyak 72 (48%) peserta berusia 51-60 tahun. Sebanyak 48 peserta (32%) adalah penderita prehipertensi (Standar JNC 7). Hipertensi tahap 1 ditemukan pada 20 peserta (13,3%), hipertensi tahap 2 terdapat pada 57 peserta (38%). Empat peserta (2,7%) terdiagnosa Diabetes melitus.

Kesimpulan Kegiatan ini diharapkan mendukung semua usaha untuk meningkatkan kesehatan jasmani masyarakat secara mandiri dengan terus menjaga kebersihan diri dan berperilaku positif untuk menjaga kesehatan dirinya terutama untuk menghindari penyakit hipertensi. Peserta diharapkan rutin kontrol dipusat layanan kesehatan primer sebagai bentuk upaya mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera.

 

Kata Kunci : Bina masyarakat, pemeriksaan kesehatan, pencegahan hipertensi.


Full Text:

PDF

References


Anonym. 2016.Profil Kelurahan Cemorokandang Kota Malang. Diakses pada tanggal 24 April 2018 di https://ngalam.co/2016/03/28/profil-kelurahan-cemorokandang-kecamatan-kedungkandang-kota-malang

Anonym. 2018. Pemerintah Kota Malang. Diakses pada tanggal 24 April 2018 di http://kelcemorokandang.malangkota.go.id.

Artiyaningrum, B, 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi Tidak Terkendali pada Penderita yang Melakukan Pemeriksaan Rutin Di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2014. Semarang.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2013). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses tanggal 24 April 2018 di http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf .

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) 2013. Laporan Riset Kesehatan Dasar 2013.

Sulaiman, M R 2018, Hipertensi Jadi Penyakit Paling Banyak Dialami Penduduk RI. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2018 di https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4101603/semester-i-2018-hipertensi-jadi-penyakit-paling-banyak dialami-penduduk-ri. 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kesehatan Islam telah terindek oleh:

       

 

 

 Jurnal Kesehatan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License