Korelasi Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Reporting Terhadap Nilai Ujian Akhir Blok Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran

Authors

  • Gagas Prakasa
  • Rizki Anisa
  • Erna Sulistyowati

DOI:

https://doi.org/10.33474/jki.v9i1.8864

Keywords:

Problem Based Learning, kemandirian belajar, kemampuan reporting, dan nilai ujian akhir blok

Abstract

Pendahuluan: Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran di Indonesia. Pelaksanaan PBL salah satunya dengan melakukan tutorial seven jump diantaranya self directed learning dan reporting. Dua langkah ini berpengaruh pada prestasi mahasiswa Sarjana Kedokteran. Keberhasilan pelaksanaan PBL dapat diukur melalui penilaian ujian akhir blok (UAB). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemandirian belajar dan kemampuan reporting terhadap nilai UAB mahasiswa Sarjana Kedokteran.

Metode: Penelitian ini merupakan studi cross sectional yang pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dari reliabilitasnya. Responden merupakan mahasiswa Sarjana Kedokteran tingkat pertama, kedua dan ketiga sejumlah 490 mahasiswa. Analisis korelasi kemandirian belajar dan kemampuan reporting menggunakan uji Spearman, sedangkan analisis factor yang paling berpengaruh antara kemandirian belajar dan kemampuan reporting menggunakan uji regresi linear.

Hasil: Terdapat korelasi yang lemah antara kemandirian belajar dan kemampuan reporting terhadap nilai UAB. Hasil analisis regresi linear didapatkan hasil kemandirian belajar yaitu p value 0,079 dan kemampuan reporting dengan p value 0,000.

Kesimpulan: Kemandirian belajar dan kemampuan reporting berkorelasi terhadap nilai UAB dan faktor yang paling berpengaruh terhadap nilai UAB yaitu kemampuan reporting

References

Konsil Kedokteran Indonesia. 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia

De Grave,W.S., Moust J., & Hommes J. The role of the tutor in a problem-based learning curriculum, Maastricht:Universitaire Pers Maastricht.2003

Fitri, Amelia D. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jambi Medical Journal, vol. 4, no. 1, 2016, doi:10.22437/jmj.v4i1.3117.

Sugiarto,S 2015. “Hubungan Tingkat Kemandirian Belajar dengan Nilai Ujian Blok pada Mahasiswa Semester I Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas maretâ€. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Oktafany. 2016. “Hubungan Kinerja Tutor dengan Kegiatan Belajar Mandiri dan Pelaporan Hasil Belajar Mandiri dalam Diskusi Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung†.Thesis. Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia.

Gijselaers W.H, Schmidt H.G. Development and Evaluation of a Causal Model of Problem-Based Learning. Springer; 1990. Available from: http://hdl.handle.net/1765/2776

Tim Penyusun Buku Pedoman Akademik fakultas Kedokteran Unisma.2019. Buku Pedoman Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang 2019/2020. Malang : Fakultas Kedokteran Unisma

Van Den Hurk, M. M. Et Al. (1999) ‘Impact Of Individual Study On Tutorial Group Discussion’, Teaching And Learning In Medicine, 11(4), Pp. 196–201

Avdal, E. Ü. (2013). The effect of self-directed learning abilities of student nurses on success in Turkey. Nurse Education Today, 33(8), 838–841.

Murad, M. H., Coto-Yglesias, F., Varkey, P., Prokop, L. J., & Murad, A. L. (2010). The effectiveness of self-directed learning in health professions education: a systematic review. Medical Education, 44(11), 1057–1068. https://doi.org/10.1111/j.13652923.2010.03750.x

Dwiyono, Rizqi Ahmad., 2013. Hubungan Kuliah Penunjang dengan Pencapaian Learning Objective Blok Hematologi Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta : FK UNS.

Ahmad A, Abulaban A, Al Shawwa L, Merdad A, Baghlaf S, Abu-shanab J, et al. Factors potentially influencing academic performance among medical students. Adv Med Educ Pract [Internet]. 2015;65.

Credé M, Kuncel NR. Study Habits, Skills, and Attitudes: The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance. Perspect Psychol Sci. 2008;3(6):425–53.

Aida, Nur . 2018. Hubungan Kuliah Dan Belajar Kelompok Pada Step VI Tutorial Metode Pbl Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Septiyaningsih, Sri. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Vol. 6, No.3.

Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

De Graeve WS, Dolmans D, Van der Vleuten PM. Profiles of effective tutors in problem-based learning scaffolding student learning. Medical education. Blackwell Science Ltd. 1999;33:901-6

Riyani, Y., 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).

Downloads

Published

2020-09-24