Korelasi Antara Kualitas Skenario Dan Keefektifan Diskusi Tutorial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33474/jki.v8i2.8870Keywords:
Prestasi Akademik, kualitas skenario, keefektifan diskusi tutorialAbstract
Pendahuluan:. Terdapat beberapa faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Salah satunya yaitu metode pembelajaran Problem Based Learning PBL khususnya kualitas skenario dan keefektifan diskusi kelompok tutorial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara kualitas skenario dan keefektifan diskusi terhadap prestasi akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNISMA.
Metode: Desain deskriptif analitik pendekatan cross sectional. Data primer didapatkan dari kuesioner kualitas skenario dan keefektifan diskusi yang telah tervalidasi sedangkan data prestasi akademik didapatkan dari program studi kedokteran. Sampel penelitian sejumlah 490 mahasiswa. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman untuk menguji korelasi antara keefektifan diskusi dan kualitas skenario terhadap prestasi akademik dan uji regresi linier berganda untuk menguji faktor yang mempengaruhi prestasi akademik.
Hasil: Pada uji korelasi spearmen didapatkan P-value < 0.05 artinya terdapat korelasi antara kualitas skenario dengan nilai prestasi akademik. Hasil uji korelasi antara keefektifan diskusi dengan prestasi akademik mahasiswa didapatkan P-value < 0.05 sehingga terdapat korelasi antara keefektifan diskusi dengan prestasi akademik.
Perbedaan kualitas skenario dan keefektifan diskusi terhadap prestasi akademik dengan uji regresi linier berganda didapatkan, keefektifan diskusi lebih berpengaruh signifikan dibandingkan kualitas skenario terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai P value < 0,05
Kesimpulan: Kualitas skenario dan keefektifan diskusi sama sama berpengaruh signifikan terhadap presstasi akademik dengan kekuatan yang lebih baik pada keefektifan diskusiReferences
Permenristek Dikti Nomor 32 Tahun 2016. Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi
Muhlisa. Peran Mahasiswa dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate. 2018. 7(2):48
Gijselaers W.H, Schmidt H.G. Development and Evaluation of a Causal Model of Problem- Based Learning. Springer; 1990. Available from: http://hdl.handle.net/1765/2776
Nurfiriani A. Indria D M, Firmansyah M. Hubungan Proses Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Konstruktif dan Kontekstual terhadap Performa Akademik Mahasiswa Kedokteran. Fakultas Kedokteran Unisma. Jurnal Biokomplementer Medicine. 2020; Hlm 7.
Muhammad N U, Herlina S, Firmansyah M. Analisa Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning, Problem Based Learning, Integrated, Community Based Learning, Electives, Systematic (SPICES) Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Universitas Islam Malang. Jurnal Biokomplementer Medicine. 2020; Hlm 6.
Mewo Y, Widodo S, Prihartono J. Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektivitas Kelompok Diskusi Tutorial Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. J Perpipki. 2011;2:22–31.
Sigit, Hubungan Keaktifan Diskusi Tutorial Terhadap Nilai Ujian Blok 8 (Immunology and Infection) Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tadulako. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.2016. 8.
Munshi F, Zayat E, Dolmans D. Develop- ment and utility of a questionnaire to evaluate the quality of PBL problems. South East Asian Journal of Medical Education. 2008;2(2):3-40.
Nyimas N, Anwar J. Setyawati. Hubungan Persepsi Lingkungan Pembelajaran Dengan Strategi Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universtas Jambi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi. 2014. Hal. 36
Daruyani S, Yuciana Wilandari dan Hasbi Yasin. Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa FSM Universitas Diponegoro Semester Pertama dengan Metode Regresi Logistik Biner. Jurnal Gaussian, Vol2. FSM Undip; 2013.
Syah, M. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2008
Van Berkel The influence of tutoring competencies on problems, group functioning and student achievement in problem-based learning. Medical Education. 2006;40:730–6.
Schmidt HG. Problem-based learning: Rationale and description. Medical Education. 1983;17:11- 6.
Wood D. Problem-Based Learning. In: Cantillon P, editor. ABC of learning and teaching in medicine. BMJ Books; 2003. p. 12–4.
Ferreira, Maria M. dan Trudel, Anthony R. “The Impact of ProblemBased Learning (PBL) on Student Attitudes Toward Science, Problem-Solving Skills, and Sense of Community in the Classroomâ€. Journal of Classroom Interaction Vol. 47, No.1. 2012;Hal. 23-30.
Istadi Y. Hubungan antara Dimensi Perilaku Belajar Kelompok dengan Keefektifan Kelompok Tutorial PBL. Majalah Ilmiah Sultan Agung. 2008 Sept; 49(125):39-45.
Dolmans DHJM, Snellen-Balendong, H, Wolfhagen IHAP, Van der Vleuten CPM. Seven principles of effective case design for a problem based curriculum. Medical Teacher. 1998: 19(3):185-9.
Yuan H, Williams B, Yin L, Liu M, Fang J, Pang D. Nursing students views on the effectiveness of problem-based learning. Nurse Educ Today. 2010;31:577–81
Imelda M.G. Sianipar, Dany Hilmanto, Ike MP. Siregar, Farid Husin, Endang Sutedja. Hubungan Kinerja Tutor dan Kualitas Kasus Skenario Terhadap Keefektifan Kelompok pada Metode Belajar Problem Based Learning. Departemen Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Univeritas Padjadjaran. 2016
Norman GR, Schmidt HG. Effectiveness of problembased learning curricula: theory, practice and paper darts. Med Educ. 2000 Sep;34(9):721−8.
Koh GC-H, Khoo HE, Wong ML, Koh, D. The Effects of Problem-Based Learning During Medical School on Physician Competency: a Systematic Review. CMAJ Open. 2008 Jan; 178(01):34-41.
Harsono. Hakekat student-centered learning. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada, 2006
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal dengan nomor registrasi ISSN 2303-002X (cetak) 2615-8345 (online) yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang menerapkan ketentuan Hak Cipta dan Lisensi sebagai berikut:
Â
Hak cipta:
- Hak Cipta pada setiap naskah adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal berhak sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attributions-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Islam : Islamic Health Journal.
Lisensi:
- Atribusi: Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Berbagi Serupa: Apabila Anda menggubah atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada batasan tambahan: Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
Anda bebas untuk:
- Berbagi menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun.
- Beradaptasi mengubah dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
- Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.