Perbedaan Pengaruh Konseling Dan Penyuluhan Permasalahan Menyusui Terhadap Pengetahuan, Motivasi, Dan Kemampuan Menyusui Selama Satu Bulan Pertama Pasca Persalinan

Authors

  • Dewi Martha Indria
  • Ari Natalia Probandari
  • Didik Tamtomo

DOI:

https://doi.org/10.33474/jki.v7i2.8893

Keywords:

konseling, penyuluhan, permasalahan menyusui, pengetahuan, motivasi, kemampuan menyusui, pasca persalinan

Abstract

Permasalahan menyusui umumnya menjadi penyebab dihentikannya pemberian ASI (Air

Susu Ibu), durasi pemberian ASI menjadi lebih singkat dan secara dini dilakukan upaya untuk menggantikan

atau memberikan suplementasi menggunakan susu formula atau Makanan Pendamping ASI (MPASI). Berdasarkan  studi  terdahulu,  pendidikan  kesehatan  yang  dilakukan  dengan  pendekatan  tertentu  ternyata mampu meningkatkan pengetahuan, kemampuan menyusui dan kepercayaan diri ibu dalam memberikan ASI pada bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari dilakukannya konseling dan penyuluhan mengenai permasalahan menyusui yang dilakukan saat trimester akhir kehamilan terhadap pengetahuan, motivasi, dan kemampuan menyusui selama satu bulan pertama pasca persalinan.

Metode: Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Mojolangu dan Puskesmas Kendalkerep mulai dari

kurun  waktu  Desember   2013   –  April  2014.  Rancangan  penelitian  yang  dipakai  adalah  penelitian eksperimental  dengan   membagi  sampel   ke  dalam  dua   kelompok  perlakuan,   yaitu   kelompok  yang mendapatkan konseling melalui kunjungan rumah dan kelompok penyuluhan yang terdiri dari masing-masing jumlah responden 23 orang. Penelitian melakukan penilaian hasil kuesioner pretest dan posttest mengenai pengetahuan dan motivasi menyusui serta pengamatan/observasi langsung kemampuan menyusuinya dengan praktik menyusui. Analisis data dilakukan dengan uji t-test dan uji Mann-Whitney (univariat dan bivariat), serta analisis multivariat menggunakan ANCOVA (Analysis of Covariance).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik konseling maupun penyuluhan mengenai permasalahan menyusui yang diberikan pada trimester akhir kehamilan secara signifikan mampu meningkatkan pengetahuan menyusui selama  satu  bulan pertama  pasca persalinan dengan nilai p  =  0,000  (p <  0,05). Namun,  jika dibandingkan antara konseling dan penyuluhan maka diantara keduanya tidak ada perbedaan yang bermakna. Sedangkan terkait motivasi menyusui dan kemampuan menyusui tidak didapatkan perbedaan pengaruh pada kedua kelompok perlakuan secara signifikan. Walaupun dari hasil rerata nilai, tampak bahwa rerata nilai motivasi dan observasi kemampuan menyusui pada kelompok konseling lebih baik daripada kelompok penyuluhan.

References

WHO. 2011. Pelatihan Konseling Menyusui.

Jakarta: Sentra Laktasi Indonesia.

WHO. 2009. The WHO Global Data Bank on

Infant and Young Child Feeding. World Health

Organization.

IBFAN. 2010. The State of Breastfeeding in 33

Countries. Delhi, India : BPNI/IBFAN Asia.

WHO & UNICEF. 2010. Countdown to 2015

Decade Report (2000-2010): Taking Stock of Maternal, Newborn, and Child Survival. Geneva, Switzerland.

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Lamontagne, C., Hamelin, A. M., & St-Pierre, M. 2008. The breastfeeding experience of

women with major difficulties who use the services of a breastfeeding clinic: a descriptive study. International Breastfeeding Journal 3:17.

Februhartanty, J., Bardosono, S., & Septiari, A.

M. 2006. Problems During Lactation are Associated with Exclusive Breastfeeding in DKI Jakarta Province: Father’s Potential Roles in Helping to Manage These Problems. Mal J Nutr, 12(2), 167 – 180.

Mallikarjuna, H. B., Banapurmath, C. R., Banapurmath, S. & Kesaree, N. 2002. Breastfeeding Problems in First Six Months of Life in Rural Karnataka. Indian Pediatrics 39:

-864.

Manjilala. 2012. The Experience of Breastfeeding Problems During The First Six Months Period After Delivery Among Mothers Having Infants Aged 6-12 Months. Thesis. Jakarta: Nutrition Program, Faculty of Medicine University of Indonesia.

Abou-Dakn, M., Schafer-Graf, U. & Wockel, A.

Psychological stress and breast diseases

during lactation. Breastfeeding Review 17: 19-

Saleh, A., Nurachmah, E., As’ad, S., & Hadju, V. 2009. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Pendekatan Modelling terhadap Pengetahuan, Kemampuan, Praktek dan Percaya Diri Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi 0-6 bulan di Kabupaten Maros. Tesis: Pascasarjana, Universitas Hasanuddin.

Siregar, M. A. 2007. Pemberian ASI Eksklusif dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Artikel: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara

Man Ku, C. & Chow, S. K. Y. 2010. Factors

influencing the practice of exclusive breastfeeding among Hongkong Chinese women: A questionnaire survey. Journal of Clinical Nursing (19): 2434-2445.

UNICEF. 2011. Desk Review Studies on Factors Affecting Breastfeeding Practices in Indonesia. Jakarta: UNICEF Indonesia.

Stockdale,J., et al. 2008. Assessing the impact of midwives instruction: The breastfeeding motivational instructional measurement scale. Evidence Based Midwivery, 6(1), 27-34.

Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan dan

Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI, Pusat Promosi Kesehatan. 2008. Pedoman Pengelolaan Promosi Kesehatan, dalam Pencapaian PHBS. Jakarta.

Sari, M. M. 2009. Pengaruh Penyuluhan

Manajemen Laktasi terhadap Pengetahuan dan

Sikap Bidan tentang Manajemen Laktasi di Kecamatan PeusanganKabupaten Bireuen Tahun 2009. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.

Muslikha, P., Purwanti, S. Peran Leaflet ASI Eksklusif Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif dan Motivasi Untuk Menyusui Secara Eksklusif di BPS NY. Djuwedah Kebasen Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol.2 No.1 Edisi Juni 2011.

Aswa, R. 2010. Faktor yang berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Bonto Perak Kabupaten Pangkep Tahun 2010. Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Van Gobel, H., Masni, dan Arsin, A. A. 2012.

Determinan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Mongolato Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tesis: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin.

Hikmawati, I. 2008. Faktor-faktor Resiko

Kegagalan Pemberian ASI Selama Dua Bulan (Studi Kasus pada Bayi Umur 3 – 6 bulan di Kabupaten Banyumas). Tesis: Program Pascasarjana, Universitas Diponegoro.

Pechlivani, F., Vasiilakou, T., Sarafidou, J., Zachou, T., Anastasiou, C. A., & Sidossis, L. S.

Prevalence and determinants of exclusive breastfeeding during hospital stay in the area of Athens, Greece. Acta Pediatrica 94 : 928 – 934.

WHO. 2003. Global Strategy for Infant and

Young Child Feeding. Geneva: World Health

Organization.

Racine, E. F., Frick, K. D., Strobino, D., Laura,

M., Carpenter, L. M., Milligan, R., & Pugh, L. C. 2011. How motivation influences breastfeeding duration among low-income women. J Hum Lact, 25(2), 173-18.

Ambarwati, R., Muis, S. F., & Susantini, P.

Pengaruh konseling laktasi intensif terhadap pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif sampai 3 bulan. Jurnal Gizi Indonesia 2(1): 15-

Suryaningsih, C. 2012. Pengaruh Demonstrasi dan Pendampingan Menyusui Terhadap Motivasi dan Kemampuan Ibu dalam Pemberian ASI. Tesis. Jakarta: Program Magister Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Abdullah, G. I. 2012. Determinan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kementerian Kesehatan RI Tahun 2012. Tesis. Jakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Hariandja, M. 2007. Manajemen Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Grasindo.

Roesli, U. 2008. Inisiasi Menyusui Dini dan ASI Eksklusif. Jakarta: Trubus Agriwidya.

Aidan, B. A., Escamilla, R. P., Lartey, A. 2005.

Lactation Counseling Increase Exclusive Breast-Feeding Rates in Ghana. Journal of Nutrition 135: 1691-1695.

Yanthi, D. 2011. Keefektifan Metode Edukasi pada Ibu Hamil Terhadap Keberhasilan Menyusui. Tesis: Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Street DJ, Lewallen LP. The influence of culture on breastfeeding decisions by African American women and white women. J Perinat Neonat Nurs. 2013;27(1):43-51.

WHO. 2007. Indicators for Assessing Infant and Young Child Feeding Practices. Conclusions of a consensus meeting of WHO. Washington DC,

USA.

Lawrence, R. A. and Lawrence, R. M. 2011.

Breastfeeding: A Guide for the Medical

Profession. USA: Elsevier, Inc.

Downloads

Published

2020-09-26