ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA MATERI POLA BILANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG

Qomariyah Qomariyah, Zainal Abidin, Gusti Firda Khairunnisa

Abstract


 

Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang tinggi pada materi pola bilangan peserta kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksakan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat minat belajar. Adapun instumen penelitian ini menggunakan angket minat belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek (T-1 dan T-2) dengan tingkat minat belajar tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sangat baik, karena dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, Drawing, dan Mathematical expression; (2) subjek (S-1 dan S-2) dengan tingkat minat belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, karena dapat memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, Drawing, dan Mathematical expression;(3) subjek (R-1 dan R-2) dengan tingkat minat belajar rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, karena dapat memenuhi satu dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, dan Mathematical expressio.didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang sedang pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau minat belajar yang rendah pada materi pola bilangan peserta didik.

 

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, minat belajar, pola bilangan       


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Perpustakan Nasional. Bumi Aksara.

Armania, M., Siti & Ikin Sugandi. 2018. Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatof. Volume 1, No 6, November 2018.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1574/329

Hendriana, H, Rohaeti, E. R, Sumarno. U, 2017 Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, H & Soemarno U. 2019. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung. PT Refika Aditama.

Kurniyawan, W. 2013. Kemendibut 2013. https://www.slideshare.net/wellyindrianykurniyawan/salinan-permendikbud-nomor-81-a-tahun-2013-tentang-implementasi-kurikulum-garuda-28831731

Robiah ,S. Euis Eti R., Eka Senjawati. (2019) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Minta Belajar Matematis Siswa SMK Negeri 1 Cihampelas. Journal On Eduscations. Volume 01, No. 02, Februari, hal. 365-371.

https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/76/63

Sirait, E D. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 2016

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750/65

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, A & Ihsan, I A. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1a (2020)

https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2369


Refbacks

  • There are currently no refbacks.