Analisis Deiksis pada Koran Jawa Pos dalam Sportainment

iskandar dzulqornin

Abstract


ABSTRAK : Kata dapat dikatakan bersifat deiksis apabila kata atau frasa tersebut memiliki acuan yang tidak tetap, baik itu mengacu pada orang, tempat, waktu, maupun rujukan status sosial yang disandang oleh seseorang. Misalnya penggunaan kata saya, anda, dia. Kata sini, ke sana, di situ mengacu pada tempat. Kemarin, besok, bulan lalu, hari ini yang memiliki acuan kata keterangan waktu. Pemakaian deiksis dalam bentuk tulisan sering kali muncul pada media cetak berbentuk koran. Deiksis terbagi ke dalam berbagai macam jenis. Beberapa jenis deiksis tersebut akan diteliti oleh Peneliti dalam rubrik Sportainment yang terdapat pada koran Jawa Pos yang merupakan salah satu koran berbasis nasional terbesar di Jawa Timur. Mengingat struktur penulisan bahasa dalam koran tersebut mengindikasikan mengandung berbagai macam unsur jenis deiksis tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis deiksis yang

terkandung dalam rubrik Sportainment pada koran Jawa Pos. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif ini dipilih karena merupakan unsur pemecahan permasalahan yang menggambarkan situasi atau keadaan objek penelitian berdasarkan fakta atau realita yang terjadi di lapangan. Sumber data yang terdapat pada penelitian ini adalah koran Jawa Pos edisi khusus rubrik Sportainment. Koran tersebut kemudian dianalisis mengenai bagaimana penggunaan atau penulisan deiksis pada rubrik Sportainment.

Dalam proses pengumpulan data tersebut, Peneliti berperan aktif menjadi

instrumen penelitian sebagai partisipan penuh dalam aspek pengelolahan data. Instrumen dalam penelitian ini ialah Peneliti sendiri yang dipandu dengan menggunakan tabel pengumpul data. Prosedur pengecekan keabsahan data pada penelitian ini adalah dengan memakai metode informal. Sebab dalam metode ini media yang digunakan untuk mengecek data tersebut merupakan kata-kata biasa yang dipakai untuk menyimpulkan data berdasarkan kaidah yang sesuai dengan domainnya serta hubungan antar kaidah yang terdapat pada sebuah bahasa tertentu.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa macam jenis penggunaan

deiksis. Jenis-jenis deiksis yang terkandung pada koran Jawa Pos edisi khusus rubrik Sportainment tersebut meliputi enam jenis deiksis. Pertama, ialah penggunaan deiksis persona seperti terdapatnya kata saya, kami, dia dan mereka. Kedua, pemakaian deiksis tempat yang bercirikan kata penunjuk lokasi yang dibicarakan oleh penutur, misalnya kata di sini, ke sana, di Madura. Ketiga, adalah penulisan deiksis waktu yang disertai dengan munculnya kata keterangan waktu. Kata keterangan waktu tersebut terbagi ke dalam tiga bentuk, yaitu (1) bentuk kata keterangan waktu pada masa lampau (masa yang telah terjadi) berupa kata kemarin, Juni lalu, tadi malam (2) bentuk kata keterangan waktu pada masa kini (sedang berlangsung) seperti adanya kata saat ini, sekarang, hari ini, malam ini (3) bentuk kata keterangan waktu pada masa yang akan datang seperti kata tahun depan, nanti siang, dan besok.

Deiksis keempat, yang terdapat dalam rubrik Sportainment ialah adanya

penggunaan deiksis sosial yang ditandai dengan penyebutan unsur status sosial dan profesi (pekerjaan) yang disandang maupun yang melekat dalam diri sesorang. Kelima, deiksis wacana yang berisikan satuan kata atau frasa wacana yang telah disebutkan maupun yang sedang dikembangkan dalam sebuah teks. Keenam ialah adanya pemakaian deiksis penunjuk yang memiliki fungsi sebagai pronomina penunjuk umum yang seperti kata ini dan itu.

Jumlah data deiksis yang telah ditemukan pada penelitian ini berjumlah

sebanyak 164 deiksis yang terbagi ke dalam 20 deiksis persona, 33 deiksis tempat, 42 deiksis waktu, 25 deiksis sosial, 20 deiksis wacana, serta 22 deiksis penunjuk. Dengan banyaknya jumlah temuan deiksis dalam rubrik Sportainment pada koran Jawa Pos tersebut. Mengiindikasikan bahwa begitu pentingnya penggunaan deiksis pada media cetak berbentuk koran untuk memudahkan serta memaknai sebuah kata yang terkandung dalam rubrik berita tersebut, guna memahami setiap ulasan berita peristiwa yang disajikan oleh para jurnalis, pelaku pencari sumber informasi. Hal itu, tentunya bisa mengandung aspek nilai positif bagi para penikmat dan pembaca koran agar senantiasa dapat mengikuti segala perkembangan informasi yang tengah terjadi, melalui media cetak khususnya yang berbentuk koran

Kata Kunci : deiksis, koran Jawa Pos, rubrik, Sportainment


Full Text:

PDF

References


Busri, Hasan dan Badrih, Moh. 2015 Lingusitik Indonesia. Malang: Worldide Readers.

FKIP Universitas Islam Malang 2018. Pedoman Karya Ilmiah Skripsi, Artikel, dan Makalah. Malang: FKIP Unisma.

Hermaji, Bowo. 2016 Teori Pragmatik. Yogyakart: Magnum Pustaka.

Manab, Abdul. 2015 Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Putrayasa, Ida Bagus. 2015. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Siddiq, Ahmad. 2018. Status Sosial: Pengertian dan Contohnya. (online) http://sosiologis.com/2018/02/status-sosial-pengertian-dan-contohnya. diakses tgl 16 Desember 2019.

Sugiyono. 2014. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.