Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal dengan Literasi Digital pada Materi Statistika Kelas VIII SMP

Siti Aris Hidayati, Mustangin Mustangin, Siti Nurul Hasana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal dengan literasi digital pada materi statistika kelas VIII SMP. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive (bertujuan) berdasarkan pada prinsip volunteer based (kesukarelaan). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP yang berdomisili di Kecamatan Kudu dan telah mendapatkan materi staistika. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan dalam kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah yang dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas/validitas data dengan membandingkan kemampuan berpikir kritis dari hasil tes dan wawancara. Setelah data kredibel/valid maka dilakukan analisis data untuk memperoleh kesimpulan kemampuan berpikir kritis peserta didik sesuai dengan kategorinya. Hasil penelitian ini yaitu peserta didik yang masuk kategori kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi lima indikator dengan baik, peserta didik masuk kategori kemampuan berpikir kritis sedang mampu memenuhi satu indikator dengan baik, dua indikator cukup baik, dan dua indikator kurang baik dan peserta didik masuk kategori kemampuan berpikir kritis rendah mampu memenuhi satu indikator dengan baik, satu indikator cukup baik, dan tiga indikator kurang baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.