ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT

Rizma Noer Hidayati, Mustangin Mustangin, Siti Nurul Hasana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP pada materi Segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngoro. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap-tahap berikut yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis di antara 6 subjek penelitian yang sudah diteliti memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda antara satu dengan yang lain. Perbedaan dari masing-masing subjek bisa dilihat dari indikator yang sudah dicapai dari masing-masing subjek.


Full Text:

PDF

References


Crismasanti dan Yunianta. 2017. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Openended Pada Materi Pecahan, (Online), Vol 33, e-ISSN: 2549-967x :Juni 2017. (https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/960/641/, diakses 8 Juni 2020)

Fatmawati. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat, (Online), Vol.2, No.9, hal 899-910, ISSN: 2339-1685, November 2014

(https://media.neliti.com/media/publications/117142-ID-analisis-berpikir-kritis-siswa-dalam-pem.pdf, diakses 8 Juni 2020)

Hasanah, U. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTsN 6 Sleman. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lestari, S.W. 2016. Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Rahman, R dan Maarif, S. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat. (Online),Vol 3 No 3, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Februari 2013.

(http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/38/37, diakses 8 Juni 2020)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.