Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat ditinjau dari Metakognitif Peserta Didik di SMKN 1 Kraksaan

Rijal Akbar Hidayat, Zainal Abidin, Anies Fuady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis  jika ditinjau dari metakognitif dan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik jika ditinjau dari metakognitif pada materi persamaan kuadrat. Subjek penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas XI di SMKN 1 Kraksaan. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan kedalam klasifikasi metakognitif tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes unik atau khas dan berbeda dengan subjek lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan tingkat metakognitif tinggi, sedang, dan rendah yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek yang lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memaparkan secara deskriptif/rinci, serta memiliki jawaban dengan lebih dari satu cara, memaparkan dengan menghubungkan antara satu rumus dengan rumus yang lainnya. Hasil rata-rata tingkat kemampuan berpikir kreatif pada metakognitif tinggi yaitu 85, untuk kategori metakognitif sedang kemampuan berpikir kreatifnya 77, dan untuk kategori metakognitif rendah kemampuan berpikir kreatifnya yaitu 58

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., dkk. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Poirtofolio (PMBP) Pada Siswa Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2(1), 79-102.

Desmita, 2012. Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Hendriana, Heris dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills. Penerbit: Refika Aditama

Lestari, Eka. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Murni, Atma. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah Kontekstual. Yogjakarta: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

Saputra, Nanda. 2018. Analissi Kemampuan Metakognitif Siswa SMA dalam Proses Pemecahan Masalah. Tangerang : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.

Noviyana, Nurhadiah. 2017. Analisis Kesulitan Memahami KonsepMatematis ditinjau dari Metakognisi Siswa. Lampung : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.

Noer, Hastuti. 2009. Berpikir Kreatif Matematis. Lampung : Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020a). Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) dalam Pembelajaran Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776–788. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2917

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020b). Validitas Model Pembelajaran IDEA ( Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432

Sholihah, U. 2016. Membangun Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah. Dalam Ta’allum [Online], Vol 4(1), 18 Halaman. Tersedia: https://media.neliti.com [21 Juni 2020]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.