ANALISIS DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN TIPE SOAL PWCI (PROBLEMS WITH CONTRADICTORY INFORMATION)

Syifa Mutmainah, Surya Sari Faradiba, Alifiani Alifiani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi proses disposisi berpikir kritis matematis peserta didik dengan tipe soal PWCI (Problems with Contradictory Information). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek yang diteliti sebanyak empat peserta didik kelas XI SMA/MA Sederajat dengan instrumen soal non-routine dengan tipe soal PWCI. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive yaitu pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan lembar solusi subjek dalam menyelesaikan masalah matematis PWCI (Problems with Contradictory Information). Setiap langkah diidentifikasi ada/tidaknya indikator disposisi berpikir kritis matematis pada skala instrument CCTDI (California Critical Thinking Disposition Inventory). Temuan dan pembahasan subjek dengan gambar hasil penyelesaian subjek dan cuplikan saat kegiatan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa masing-masing subjek penelitian memenuhi semua indikator disposisi berpikir kritis pada skala instrument CCTDI (California Critical Thinking Disposition Inventory) dengan cara menyelesaikan masalah matematis PWCI (Problems with Contradictory Information).

Full Text:

PDF

References


Arifin Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offest.

As’ari, A.R, dkk. 2019. Ragam Soal Matematis untuk Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis. Malang : Universitas Negeri Malang.

Creswell, John. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Facione, Sanchez, dkk. 1992. The Disposition Toward Critical Thinking. The Journal of General Education, 44 (1), 1-25. [Online]. (http://www.jstor.org/stable/27797240, diakses 30 juni 2020).

Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Kemindikbud. 2014. Permindikbud Nomor 58 tentang Pedoman Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Kemindikbud.

Kurniati, Rahman, dkk. (2019). Development and Validity of Problems with Contradictory Information and no Specified Universal Set to Measure the Truth-Seeking of Pre-Service Mathematics Teachers. TEM Journal, 8(2), 545–553.[Online] (https://doi.org/10.18421/TEM82-30 diakses 26 Agustus 2020).

Primiero, Raimonde, dkk. 2017. Trust and Distrust in Contradictory Information Transmission. Applied Network Science, 2(1), 12-41.

Setiawan, Y. E. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14495

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.