Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis

Fitri Andriani, Yerizon Yerizon, I Made Arnawa, Ali Asmar

Abstract


Masalah yang ditemui di lapangan adalah kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik yang belum optimal. Kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam meningkatkan kemampuan berfikir matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Pada bagian ini hanya membahas penelitian pada investigasi awal (preliminary research). Instrument yang digunakan pada fase investigasi awal (preliminary research) adalah angket peserta didik, pedoman wawancara guru, catatan lapangan, lembar soal tes pendahuluan. Hasil analisis data pada fase investigasi awal (preliminary research) menunjukkan bahwa 1) rendahnya kemampuan berfikir kritis matematis, 2) kemampuan peserta didik bervariasi, 3) cara belajar peserta didik bervariasi, 4) perangkat yang digunakan guru kurang memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis peserta didik, 5) kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran, 6) peserta didik sulit memahami Bahasa yang digunakan pada sumber belajar.


The problem encountered in the field is that students' mathematical critical thinking skills are not satisfying yet. Students' mathematical critical thinking skills can be improved by using multiple intelligence-based learning tools. The purpose of this study was to determine the process and the results of the development of learning tools based on multiple intelligence in improving students' mathematical thinking skills. This is a development research. The development model used is the Plomp model which consists of three phases, namely the preliminary research phase, the development or prototyping phase, and the assessment phase. This thesis only discusses the preliminary research phase. The instruments used in this research are student questionnaires, teacher interview guidelines, field notes, preliminary test question sheets. The results of data analysis in the preliminary research phase showed that 1) there is a lack of mathematical critical thinking skills, 2) Students have various kinds of abilities, 3) There are differences in students’ learning styles, 4) There is a lack of teaching tools used by the teacher so that the students are not able to improve their critical thinking mathematically, 5) there is lack of students participation in the learning process, 6) It is difficult for students to understand the language used in the learning resources.



Keywords


Multiple Intelligences, Mathematical and Critical thinking ability

Full Text:

PDF

References


Finnajah, Mutammimah. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIs 2 SMA Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah.

Hoerr, T. R. (2000). Becoming a multiple intelligences school. Alexandria. ASCD

Jasmine, J. (2012). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Khaifa

Kartika Sari, A, dkk. (2017). The effectiveness of Problem-Based Learning Approach Based on Multiple Intelligences in Term of Student's Achievement, Mathematical Connection Ability, and Self-Esteem. Journal of Physics:Converence Series.

Kim, K. (2014). The relationship between problem solving ability, profesional self concept, and critical thingking disposition of nursing students, Namseoul University, International Journal of Bio-Science and Bio Technology. 6, Hal.131-142.

Kurnia, Novi Rini. (2017). "Pengembangan LKS Berbasis Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP". Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kurnia Sari Ika. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Soal PISA Konten SPACE And SHAPE Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. . Vol 8. No. 2.

Kusaeri. (2019). "Pedagogical Beliefs about Critical Thingking among Indonesian Mathematics Pre-service Teachers". International Journal of Instruction.Vol 12, No.1.

Martaida, Taota dkk (2017). The Effect Of Discovery Learning Model On Student's Critical Thingking And Cognitive Ability In Junior High School. IQSR Journal of Research & Method in Education (IQSR-JRME) e-ISSSN: 2320-7388, p-ISSN: 2320-737X Volume 7, Issue 6 Ver.1.

Miftachudin, dkk. (2015).Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Tutor Teman Sebaya Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Kelas VII SMPN Di Kebumen Tahun Ajaran 2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 3. No.3. hal 233-241.

Moore, K.D. (2009). Effective Instructional Strategies. London: SAGE Publications.

Mujib, dkk. (2017). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.8. No.2.

Mulyanto, Heri, dkk. (2018). "The Effect of Problem Based Learning Model On Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thingking Skills. International Journal Of Education. 1-9.

Napitupulu, E.E, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano. 157-169.

Noordyana, Mega Achdisty. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 28-3 5.

Putri, Anike. (2020). "Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thingking Ability of Mathematics. Journal Of Educational Sciences. Vol.4 No.1.

Raisa B. Gul, dkk. (2016). “Enhancing Educators’ Skills for Promoting Critical Thingking in Their Classroom Discourses: A Randomized Control Trial”. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Sunendar, Aep. (2017). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Jurnal THEOREMS. Vol. 1. No. 2.

Wijayanti, Frieda. (2015). Pengembangan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada Tema Energi dan Kesehatan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v7i2.11363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License