Struktur Berpikir Siswa Pada Zone of Proximal Development dalam Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Eric Dwi Putra Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.11419

Keywords:

Struktur Berpikir, Zone Of Proximal Development, Discovery Learning, Scaffolding

Abstract

Kecemasan yang terjadi pada siswa saat pembelajaran matematika karena adanya hambatan dalam belajar matematika, salah satu cara yang dapat dilakukan guru yaitu dengan memberikan scaffolding oleh guru kepada siswa dengan arahan-arahan atau katakunci yang terbatas, agar dapat menyelesaikan hambatan yang dialami siswa sehingga struktur berpikir siswa dapat mencapai zone of proximal development. Jenis penelitian ini deskriptif, hasil penelitian ini bahwa struktur berpikir S1 tidak sesuai dengan struktur masalah pada bagian Dt, Y3, Ha, dan K, sedangkan struktur berpikir S2, dan S3 tidak sesuai dengan struktur masalah pada bagian Dk, Dt, Y3, Ha, dan K. Untuk mencapai zone of proximal development masing-masing dari S1, S2 dan S3 sangat berbeda terlihat dari struktur berpikir yang telah dicapai, sehingga dalam penelitian ini siswa diberikan scaffolding dari ahli dimana pada zona perkembangan potensial mementingkan adanya bantuan dari ahli (guru) sehingga struktur berpikir yang dimiliki S1, S2 dan S3 sesuai dengan struktur masalah yang diberikan untuk menuju zone of proximal development. Kesimpulannya bahwa struktur berpikir siswa sesuai dengan struktur masalah yang diberikan dengan pemberian scaffolding oleh ahli (guru) kepada siswa sehingga zone of proximal development tercapai.

References

Abtahi, Y. (2018). Pupils, tools and the Zone of Proximal Development. Research in Mathematics Education, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/14794802.2017.1390691

Dani, U., & Zubaidah, T. (2020). Improving Year 7 Students’ Mathematics Communication Skills by The Discovery Learning Model. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 10(2), 39. https://doi.org/10.20961/jmme.v10i2.47084

Danish, J., Saleh, A., Andrade, A., & Bryan, B. (2017). Observing complex systems thinking in the zone of proximal development. Instructional Science, 45(1), 5–24. https://doi.org/10.1007/s11251-016-9391-z

Eun, B. (2019). The zone of proximal development as an overarching concept: A framework for synthesizing Vygotsky’s theories. Educational Philosophy and Theory, 51(1), 18–30. https://doi.org/10.1080/00131857.2017.1421941

Kusmaryono, I., Gufron, A. M., & Rusdiantoro, A. (2020). Effectiveness of Scaffolding Strategies in Learning Against Decrease in Mathematics Anxiety Level. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 13–22. https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.770

Kusmaryono, I., Ubaidah, N., & Basir, M. A. (2020). the Role of Scaffolding in the Deconstructing of Thinking Structure: a Case Study of Pseudo-Thinking Process. Infinity Journal, 9(2), 247. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p247-262

Payong, M. R. (2020). Zona perkembangan proksimal dan pendidikan berbasis konstruktivisme sosial menurut Lev Semyonovich Vygotsky. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 164–178. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.589

Smagorinsky, P. (2018). Deconflating the ZPD and instructional scaffolding: Retranslating and reconceiving the zone of proximal development as the zone of next development. Learning, Culture and Social Interaction, 16(September), 70–75. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2017.10.009

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (20th ed.). CV. Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Zalvianin, N., & Zainil, Y. (2021). The Implementation of Discovery Learning for Reading Skill in EFL Classroom at SMPN 8 Padang. Journal of English Language Teaching, 10(1), 61–74. https://doi.org/10.24036/jelt.v10i1.1113786

Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah, 3 Resma 13 (2016).

Downloads

Published

2021-09-21

How to Cite

Lutfiyah, L., & Putra, E. D. (2021). Struktur Berpikir Siswa Pada Zone of Proximal Development dalam Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(2), 71–79. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.11419