Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia

Authors

  • Hamidah Hamidah Universitas Bina Bangsa
  • Iwan Junaedi Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.11425

Keywords:

Kurikulum, Pembelajaran Matematika, Indonesia, Jepang

Abstract

Perubahan sistem pendidikan menyesuaikan perkembangan zaman yang terjadi, baik itu di Indonesia maupun di Jepang. Perubahan terus dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta menstimulus jiwa kreatif guru-guru dalam menerapkan pembelajarannya di kelas kepada siswa. Salah satu syarat wajib pada pendidikan disuatu lembaga pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum adalah suatu bagian penting dalam pendidikan dan pengajaran. Adapun beberapa komponen kurikulum yang saling memiliki kaitan antara tujuan pembelajaran, materi, teknik, dan evaluasi, serta merupakan landasan utama sebagai usaha mengembangkan proses pembelajaran pada lembaga pendidikan. Namun ironisnya, negara Indonesia masih berada diposisi yang jauh tertinggal dilihat dari hasil TIMS dan PISA. Negara Jepang ditinjau dari kualitasnya yaitu proses ataupun hasil lebih baik dari negara Indonesia, sehingga dalam proses pengembangan dan perbaikan kurikulum matematika di Indonesia hendaknya berkaca dengan negara Jepang. Secara umum proses belajar matematika di Indonesia bersifat abstrak dan hafalan serta menekankan pembelajaran matematika pada tercapainya kompetensi siswa dan berorientasi pada hasil belajar. Sedangkan, kurikulum di Jepang menekankan kapada pemecahan masalah serta tercapainya kemampuan berpikir logis siswa. Kurikulum negara Jepang tidak memberi target kepada siswanya untuk menguasai semua materi yang ditetapkan, namun memberi target terhadap kedalaman dari proses pembelajarannya.

References

A, B. B. (2015). Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Repaking - Wonosegoro - Boyolali. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 78. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p78-91

Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Finlandia: Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64–70.

Adha, M. A., Gordinsona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia Maulana Amirul Adha Universitas Negeri Malang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145–160. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JSMPI

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lisarani, V., Parta, I., & Chandra, T. (2019). A Comparative Analysis of the Tasks from the Selected Mathematics Textbooks of Singapore and Indonesia. Jurnal Pendidikan Sains, 6(4), 94–99.

Manopo, & Rahajeng, R. (2020). Analisis Perbandingan Soal Hots Dari Buku Ajar Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 119–130. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.9164

Miliyawati, B. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika Di Jepang Serta Perbandingannya Dengan Di Indonesia. Kalamatika, 1(1), 1. https://doi.org/10.22236/kmk.v1i1.4

Novikasari, I. (2013). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA TINGKAT SD DI INDONESIA, MALAYSIA, DAN JEPANG. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 44–56.

Putra, A. (2017). Mengkaji dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). https://doi.org/10.31227/osf.io/vdz32

Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.05

Suardipa, I. P. (2019). Diversitas Sistem Pendidikan Di Finlandia Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Maha Widya Bhuwana, 2(2), 68–77. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/bhuwana/article/view/386

Suratno, J., & Sari, D. P. (2021). Analisi Komparatif Kurikulum Matematika Di Indonesia, Korea Selatan, Dan Singapura Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 64. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Wilms, U. H. (2011). Comparative Study of the National Math Curriculum with Curricula from Four Nations.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Hamidah, H., Junaedi, I., Mulyono, M., & Kusuma, J. W. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(2), 95–105. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.11425