Profil Motivasi Belajar Mahasiswa pad Materi Teori Bilangan di Era Pandemi Covid 19

Authors

  • Cicik Pramesti Universitas PGRI Adi Buana Kampus Blitar
  • Riki Suliana Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Kampus Blitar
  • Suryanti Suryanti Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Kampus Blitar

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.13601

Keywords:

profil, motivasi belajar, pandemic covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 berimbas di semua aspek kehidupan, tidak terkecuali pendidikan. Guna memutus penyebaran virus covid 19 ini, diterapkan sistem Work From Home dan Study From Home (Adiwijaya, 2020). Belajar dari rumah hanya dapat dilakukan melalui pembelajaran daring. Pembelajaran daring tersebut tentu mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. James Drever (Slameto, 2013), menyatakan bahwa motive is an effective factor which operates in determining the direction of an individual’s behavior to wards an end or goal, consioustly apprehended or unconsioustly. Motif merupakan penggerak/daya seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga pembelajaran daring akan berhasil jika mahasiswa termotivasi untuk belajar. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan saat pembelajaran daring di era pandemi covid-19. Profil motivasi belajar mahasiswa dideskripsikan melalui dimensi motivasi instrinsik dan dimensi motivasi ekstrinsik. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dengan instrumennya berupa angket. Berdasarkan hasil analisis instrumen angket dapat dideskripsikan bahwa mahasiswa tetap mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar. Hal ini dapat diketahui dari dua dimensi motivasi. Dimensi motivasi intrinsik dapat disimpulkan bahwa belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh motivasi intrinsik. Mahasiswa sadar bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan. Sedangkan pada dimensi motivasi ekstrinsik disimpulkan bahwa mahasiswa terpengaruh dengan adanya dorongan dari luar terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan, pemberian nilai bagus (reinforcement positif) dan masa depan yang cerah. Motivasi ekstrinsik tetap diperlukan, mengingat kondisi mood mahasiswa yang sering berubah-ubah. Sehingga motivasi ekstrinsik harus selalu diciptakan untuk siap siaga tatkala motivasi intrinsik berkurang.

References

Adiwijaya, T. (2020). Virus Corona dan Pembatasan Pelayanan Publik - Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--virus-corona-dan-pembatasan-pelayanan-publik

Afianti, R., Herkulana, & Syahrudin, H. (2019). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Vol. 8, Issue 10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36818

Ali, M. I. (2020). Kelebihan - Kekurangan Pembelajaran Daring dan Tatap Muka. https://www.patinews.com/kelebihan-kekurangan-pembelajaran-daring-dan-tatap-muka/

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL Terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303

Azis, L. A. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di SMKN 4 Makassar. http://eprints.unm.ac.id/4440/1/AYU LESTARI AZIS.pdf

Baharuddin, & Wahyuni, Esa, N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Alfabeta.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring dan Luring di Tengah Pandemi Covid-19. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah-pandemi-covid-19/

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Mardatila, A. (2020). Sebelum COVID-19, Inilah Sejarah Virus Corona yang Menginfeksi Manusia. https://www.merdeka.com/jateng/sebelum-covid-19-inilah-sejarah-virus-corona-yang-menginfeksi-manusia-kln.html

Pramesti, C. (2018). Profil Pertanyaan Mahasiswa Pada Materi Hakikat Profesi Kependidikan. Cakrawala Pendidikan , 22. http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/832/1/02Cicik_Pramesti.pdf.

Pratiwi, R. A., & Sutama. (2015). Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Siswa MTs. http://eprints.ums.ac.id/32786/21/NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Pramesti, C., Suliana, R., & Suryanti, S. (2021). Profil Motivasi Belajar Mahasiswa pad Materi Teori Bilangan di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 7(2), 129–139. https://doi.org/10.33474/jpm.v7i2.13601