GAYA BELAJAR MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI TINGKAT KECENDERUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK

Authors

  • Abdul Halim Fathani Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.1485

Keywords:

multiple intelligences, kecerdasan linguistik, gaya belajar, limit fungsi

Abstract

Kajian ini difokuskan untuk mendeskripsikan dan menganalisis gaya belajar mahasiswa dalam memahami materi Limit Fungsi ditinjau dari tingkat kecenderungan kecerdasan linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar instrumen materi Limit Fungsi dan lembar observasi gaya belajar mahasiswa dalam memahami materi Limit Fungsi. Subjek penelitian ini mahasiswa yang memiliki kecenderungan tertingg dalam kecerdasan non matematik. Adapun kajian yang diurai dalam penelitian ini adalah subjek penelitian yang berkecerdasan linguistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gaya belajar mahasiswa dalam memahami materi limit fungsi menggunakan kombinasi tiga gaya belajar, yaitu: visual, auditorial, dan kinestetik (VAK).

References

Armstrong, T. (2010). Multiple Intelligences. http://www.thomasarmstrong.com/multiple_intelligences.htm. Diakses 2 April 2015.

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn & Bacon.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

DePorter & Hernacki. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Gardner, H. (2015). Multiple Intelligence Theory http://www.multipleintelligencetheory.co.uk/. Diakses 12 April 2015

Hassan, R., Hashim, M. N., & Hussein, A. tt. (2010).How Learners Respond to Computer-Based Learning Material Based on Modality Learning Style? Journal of Technical Education and Training, (Online) http://penerbit.uthm.edu.my/ejournal/images/stories/JTET21/JTET21_F3.pdf, diakses 20 Januari 2011Hendriana, Heris & Soemarmo, Utari. 2014. Penilaian Pebelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama

Howard, G. (2010). Multiple Intelligences. http://www.howardgardner.com/MI/mi.html. Diakses 2 April 2015

Hudojo, Herman. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA-Universitas Negeri Malang.

Jasmine, J. (2001). Professional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligences. Terjemahan oleh Purwanto (Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences). 2007. Bandung: Nuansa.

Lucy, Bunda. (2016). Panduan Praktis Tes Minat & Bakat Anak. Jakarta: Penebar Plus.

Musrifoh, T. (2008). Cara Cerdas Belajar Sambil Bermain. Bandung: PT. Grasindo.

Rocky. (2016). Kompetisi Pendidikan Indonesia di Era MEA. Diakses http://www.pontianakpost.com/kompetisi-pendidikan-indonesia-di-era-mea, 05 Mei 2016.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2005). “Penerapan Multiple Intelligences dalam Sistem Pembelajaran†dalam Jurnal Pendidikan Penabur, No. 04/Th. IV/ Juli.

Syahbana, Ali. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa melalui Penerapan Strategi Metakognitif. Edumatica. Volume 03 Nomor 02, Oktober 2013.

Downloads

Published

2017-08-03

How to Cite

Fathani, A. H. (2017). GAYA BELAJAR MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI LIMIT FUNGSI DITINJAU DARI TINGKAT KECENDERUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(2), 67–75. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.1485