Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Multirepresntasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII SMPN 12 Singkawang

Authors

  • Rizan Alfisa STKIP Singkawang
  • Mariyam Mariyam
  • Nurul Husna

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16466

Keywords:

Student Facilitator And Explaining, Kemampuan Multirepresentasi

Abstract

Kemampuan multi representasi matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan multirepresentasi matematis siswa, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar siswa menggunakan model Student Facilitator And Explaining pada materi Penyajian Data Di Kelas Vii Smpn 12 Singkawang Penelitian ini menggunakan Desain Quasi Experimental Design dengan rancangan yang dipilih adalah Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 114 siswa.Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.Adapun jumlahnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan:1)  adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan model Student Facilitator And Explaining dan yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2)  Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis secara signifikan pada kelas yang diajarkan dengan model Student Facilitator And Explaining dan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 3) Analisis lembar obsservasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas belajar siswa secara keseluruhan tergolong aktif

References

Hutagaol, K. (2018). Strategi Multi Representasi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. FKIP Unversitas Advent Indonesia.

Husna Nurul & Nurhayati. (2018). Pengembangan Pembelajaran Saintific Berbasis Multi Representasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013. Jpmi Vol 3 No 2.

Isnurani. (2018). Pengembangan Kemampuan Penelaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Represetasi Di SMP. Jurnal Saintika UNPAM, vol 1 no1.

Kurnia Eka Lestari, & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Revika Aditama.

Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.

Maula, I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Pada Penjumlahan Pecahan Terhadap Kemampuan Siswa MTS. FKIP UNTAN

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, vol 1 no 1.

Nindy CP & Mariyam.(2019). Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Program Studi Matematika Vol.8 No.3

Nizar, A. (2014). Repesentasi Matematis. Forum Paedagogik Vol VI No 01Widianingtiyas Laras, Siswoyo, & Fauzi Bakri. (2015). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika Vol 1 No 1.

Nurhasanah (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Student facilitator and explaning dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas IV Sekolah dasar. Skipsi. UIN Syarif Hidayatullah

Peraturan Pemerintah Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Lampiran III: PMP MTK SMP

Salim, D. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 3 No 1.

Sari, S.A & dkk (2020). Penerapan Model Student Facilitator And Explaning dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains Vol 8 No1.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahyuddin, & Ita Wahyuni Yusuf (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaning (SFAE). Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Vol 5 No 1

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Alfisa, R., Mariyam, M., & Husna, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Multirepresntasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII SMPN 12 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 129–137. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16466