Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Origami pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh

Authors

  • Indah Suryawati Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.17542

Keywords:

12345

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang dipelajari mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai kejenjang selanjutnya, oleh karena itu penguasaan pelajaran matematika di Sekolah Dasar harus benar-benar mendapat perhatian khusus dari guru, sehingga tidak terjadi miskonsepsi pada jenjang seterusnya(Nabila, N, 2021). Salah satu tujuan pembelajaran  matematika yang dirumuskan dalam Kemendikbud 2013 yaitu siswa mampu memiliki kemampuan komunikasi matematis. Karena dengan kemampuan komunikasi matematis, siswa dapat menyampaikan  gagasannya baik secara lisan maupun tulisan, sehingga dalam proses pembelajaran dapat terbentuk pemahaman dengan baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media origami dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment Pretest-Postest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik random sampling karena VA merupakan kelas inti, maka yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VC, dimana kedua kelas tersebut memiliki kemampuan yang setara. Data pada penelitian diambil dengan cara memberikan soal pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis tentang materi bangun ruang. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada penelitian ini dilakukan dengan rumus uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada N-gain kemampuan komunikasi matematis siswa  memiliki nilai Sig. (2-tailed) = 0,004. Karena nilai Sig. (2-tailed) < taraf Signifikansi (α =0,05), sehingga Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan media origami lebih baik dari pada yang diajarkan  dengan model pembelajaran konvensional.

References

Anwar, S & Anis, MB, (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3 (1): 83-98

Lestari, EK & Yudhanegara, MR, (2017) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung; PT Rafika Aditama.

Mawarni, (2019) Peningkatan Pemahaman Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Media Kertas Origami Pada Siswa Kelas VI MI Datok Sulaiman Putra. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2 (1): 55-66

Nabila, N (2021) Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget . Jurnal Kajian Pedidikan Dasar, 6 (1): 72-73

Wibowo,CD, Handayani, Ay, Setiawan, B & Dores, JO,( 2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Dakon Matematika (Dakota). Jurnal Ilmiah Aquinas 4 (2): 177-178.

Robiana, A & Handoko, H, (2020) Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(3)

Suryawati, I, Zubainur, CM & Muzir, S, (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran think Talk Write (Ttw). Jurnal Serambi Kontruktivis 1(1)

Sundayana, (2010) Statistika Penelitian Pendidikan. STKIP Garut Press.

Wahyunigtyas, R & Sulasmono BS, (2020) Pentıngnya Medıa Dalam Pembelajaran Guna Menıngkatkan Hasıl Belajar Dı Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu (2) 1: 23-27

Wibowo,CD, Handayani, Ay, Setiawan, B & Dores, JO, (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Dakon Matematika (Dakota). Jurnal Ilmiah Aquinas 4 (2): 177-178.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Suryawati, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Origami pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 90–99. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.17542