Analisis CHAID Prediksi Ketepatan Waktu Lulus Berdasarkan Penguasaan Kompetensi Mahasiswa dengan dan tanpa Prediktor Utama

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.17641

Keywords:

CHAID, variabel ketepatan waktu lulus, variabel penguasaan kompetensi, prediktor utama

Abstract

Kemampuan metode CHAID sebagai teknik nonparametrik berbentuk algoritma pohon klasifikasi yang efektif untuk data berukuran besar serta kemudahan interpretasi model prediksi yang berbentuk pohon keputusan menjadikan CHAID bermanfaat untuk membantu dalam proses analisis data pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil prediksi ketepatan waktu lulus mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang berdasarkan pada penguasaan kompetensi menggunakan metode CHAID dengan dan tanpa penentuan prediktor utama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada tidaknya penentuan prediktor utama memberikan perbedaan pada variabel-variabel prediktor yang terlibat untuk memprediksi variabel terikat dan juga pada segmentasi target yang ingin dicapai untuk tujuan prediksi variabel terikat. Akan tetapi, ada tidaknya penentuan prediktor utama tersebut tidak mempengaruhi jumlah prediktor yang terlibat dan tingkat akurasi analisis CHAID yang dilakukan.



The ability of CHAID method as a nonparametric technique which is an effective classification tree algorithm for large data size as well as the decision tree prediction model which is easier to be interpreted make CHAID useful to help in educational data analysis. This paper aims to describe differences in predicting student’s graduation accuracy of Teacher Training and Education Faculty, University of Islam Malang, based on the competence mastery using CHAID method with and without determining a main predictor. The results conclude that determining or not determining the main predictor gives differences to the predictor variables involved and also to the segmentation targets in predicting dependent variable. However, the determining or not determining the main predictor does not affect the number of predictors involved and the level of accuracy of the CHAID analysis carried out.

 

References

Alhammadi, D.A. dan Aksoy, M.S., (2013) Data Mining-An Experimental Study. International Journal of Computer Application, Vol. 62 (15), 31–34.

Chandra, K., Nandhini, E., dan Chandra, E., (2010) Knowledge Mining from Student Data. Eur. J. Sci. Res., Vol. 47 (1), 156–163.

Elakia, G., Aarthi, dan Naren J., (2014) Application of Data Mining in Educational Database for Predicting Behavioural Patterns of the Students. International Journal of Computer Science and Information Technology (IJCSIT), Vol. 5 (3), 4649–4652.

Fernandes, E., Holanda, M., Victorino, M., Borges, V., Carvalho, R., Ervena, G. V., (2019) Educational Data Mining: Predictive Analysis of Academic Performance of Public School Students in The Capital of Brazil. Journal of Business Research, Vol. 94, 335-343.

Hasana, S. N., (2013) Algoritma Forward dan Backward Berdasarkan Entropi Sebagai Alternatif Untuk Algoritma Segmentasi CHAID. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Diakses dari http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/66171.

Hasana, S. N., (2021) Penambangan Data Formulir Pendaftaran untuk Memprediksi Kinerja Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UNISMA Menggunakan CHAID. Wahana Matematika dan Sains (Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya), Vol. 15 (1), 31-45.

Kabra, R.R. dan Bichkar, R.S., (2011) Performance Prediction of Engineering Students Using Decision Trees. International Journal of Computer Applications, Vol. 36 (11), 8-12.

Kumar, V. dan Chadha, A., (2012) Mining Association Rules in Student’s Assessment Data. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI), Vol. 9 (5), 211–216.

Larose, D.T., (2005) Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. Hoboken: Willey-Interscience, John Willey and Sons, Inc.

Notanubun, Z., (2019) Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Vol. 3 (1), 54-64.

Pertiwi, R.A., Indahwati, dan Afendi, F.M., (2013) Analisis CHAID untuk Identifikasi Ketepatan Waktu Lulus Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa. Xplore, Vol. 2 (1), 1-5.

Ramaswami, M. dan Bhaskaran, R., (2010) A CHAID Based Performance Prediction Model in Educational Data Mining. International Journal of Computer Science Issues (IJCSI). Vol. 7 (1), 10-18.

Ridwan, M., Suyono, H., dan Sarosa, M., (2013) Penerapan Data Mining untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Jurnal EECCIS, Vol. 7 (1), 59-64.

Srinadi, I.G.A.M. dan Nilakusmawati, D.P.E., (2020) Analisis Waktu Kelulusan Mahasiswa FMIPA Universitas Udayana dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. E-Jurnal Matematika Udayana University, Vol. 9 (3), 205-212.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Hasana, S. N., Rahmati, N. A., & Nursit, I. (2022). Analisis CHAID Prediksi Ketepatan Waktu Lulus Berdasarkan Penguasaan Kompetensi Mahasiswa dengan dan tanpa Prediktor Utama. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 138–154. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.17641