Pengembangan E-Module Pola Bilangan Berbasis Kearifan Budaya Lokal Suku Dayak

Authors

  • Yusi Anawati Universitas Balikpapan
  • Ryan Angga Pratama Universitas Balikpapan
  • Tri Hariyati Nur Indah Sari Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19210

Keywords:

E-module, Local Culture Wisdom, Dayak Tribe

Abstract

Penelitian ini ditalarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII MTsN 1 Pesisir Selatan. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung juga dengan kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Kemampuan ini diperlukan ketekunan self regulated learning  atau kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning peserta didik pada tingkat kemandirian belajar tinggi sudah mampu menguasai indikator kemampuan pemahaman konsep dengan baik. Pada tingkat kemandirian sedang, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik ini sudah cukup baik. Sedangkan pada tingkat kemandirian belajar rendah, dalam  kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih kurang. Dari penelitian ini diketahui bahwa peserta didik pada kemandirian belajar tinggi maka kemampuan pemahaman konsep matematisnya akan baik. sedangkan peserta didik yang berkemandirian belajar rendah, kemampuan pemahaman konsepnya pada kategori kurang baik.

 

The development of science and technology is increasing which influences the younger generation of Indonesia on their local culture. One of the cultural heritages in East Borneo comes from the Dayak ethnic. In this regard, the existence of culture needs to be maintained for the nation's successors and must be instilled from an early age, one of which is through education. This research aims to produce Local Wisdom of the Dayak Tribe-based Mathematics E-Module on Number Pattern material that is valid, practical, and effective. This research involved 60 students of VIII Grade of Public Junior High School 23 Balikpapan. As for the results of the study, the average validity reached a percentage of 88.85% in the Very Valid category, the practicality reached a percentage of 94.67% in the Very Practical category, and the effectiveness of student responses reached a percentage of 85.98% in the Very Effective category, the result outcome learning above the MCC reaches 90% in the Very Effective category, and the N-Gain score reaches 0.63 in the Medium category. Thus, it can be concluded that the development of a Local Wisdom of the Dayak Tribe-based Mathematics E-Module is feasible to implement.

References

Asmi, A. R., B, A. N., & Hudaidah. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1-10.

Dewi, D. R., & Rohayati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi: JPAK, 5(2), 200-216.

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33-45.

Hendri, M., Pramudya, L., & Pratiwi, N. I. (2019). Analisis Hubungan Karakter Semangat Kebangsaan dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(1), 1-8.

Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, 10(1),1-18.

Laili, I., Genefri, & Usmeidi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JIPP: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Laksana, D. N., Kurniawan, P. A., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1-10.

Mahpudin, & Yuliati, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Lokal Masyarakat Cirebon. JSD: Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 50-56.

Mukramah, W. A., Jannah, M., & Wahid, M. A. (2020). E-Modul Termodinamika Berbasis Flipbook Maker. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(3), 1-7.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80.

Pratama, A. R. (2019). Dari Kebutuhan Menjadi Ancaman: Ironi Penduduk Pendatang di Kota Balikpapan 1970- 2013. Lembaran Sejarah, 15(2), 144-158.

Pratama, R. A. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.

Purnama, S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan. Literasi, 4(1), 19-32.

Rahmadi, I. F. (2017). Mengembangkan Pusat Sumber Belajar di Perguruan Tinggi Berdasarkan Masalah dan Kebutuhan Terbaru. Prespektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 90-91.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51-58.

Samsinar. (2019). Urgensi Elearning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Dikdaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.

Santosa, H., & Bahtiar, T. (2016). Mandau Senjata Tradisional Sebagai Pelestari Rupa Lingkungan Dayak. Ritme, 2(2), 47-56.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.

Solihudin, T. (2018). Pengembangan EModul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 51-61.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhirman. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah, 2(1), 159-173.

Suparman, Nurdin, M., & Tiwow, V. M. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Melalui Media Gambar di Kelas II SDN 03 Lakea Kab. Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(3), 78-91.

Susilo, G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Geometri Analitika Ruang di Program Studi Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 1(2), 1-15.

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan, 2(9), 1257-1261.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Anawati, Y., Pratama, R. A., & Sari, T. H. N. I. (2023). Pengembangan E-Module Pola Bilangan Berbasis Kearifan Budaya Lokal Suku Dayak. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(1), 27–45. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19210