Analisis Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Berbantuan Media Video Pembelajaran

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Netriwati Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Wawan Gunawan Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Fadly Nendra Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19590

Keywords:

Model Pembelajaran Matematika Knisley; Gaya Belajar; Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Matematika Knisley, Gaya Belajar, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Krui, sebagai sampel menggunakan dua kelas terpilih dengan menggunakan teknik cluser random sampling dan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) berbantuan Media Video Pembelajaran dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang diberi perakuan Model Pembelajaran Direct Instruction. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Adapun uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis, (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang memiliki kategori visual, auditorial dan kinestetik, (3) Tidak terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep matematis.

References

Ayuningsih, N. P. M. (2018). Pengaruh Podel Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Bulletin Board Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK. 9986(September).

Badriah, Hamzah Upu, I. M. (2018). Effectiveness Of The Application Of Kolb-Knisley Mathematics Learning Model To Class X Stundents Of Yapip Sunggunminasa Vocational School. 5.

Cici Fransiska , Ruhban Masykur, F. G. P. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. 2(2), 131–140.

Ernawati, Rahmy Zulmaulida, Edy Saputra, Muhammad Munir, Luvy Sylviana Zanthy, Rusdin, Molli Wahnyuni, Muhammad Irham, Nurul Akmal, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika (p. 121). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Hafiza Al Ziqro Tamrin, Netriwati, S. (2019). model fraction circle Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Penjumlahan Pecahan. 487–493.

Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. CV Tahta Media Group.

hunaepi, taufik samsuri, maya afrilyana. (2014). Model pembelajaran langsung teori dan praktik. Duta Pustaka Ilmu.

Jeremy Kilpatrick, Jane Swafford, B. F. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. In Social Sciences. National Academy Press.

Khoirunnisa, A., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jiurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2398–2409.

Knisley, J. (2002). A Four-Stage Model of Mathematical Learning. A Four-Stage Model of Mathematical Learning., 12(1), 5.

Lena, M. S., Padang, U. N., Netriwati, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2020). Metode Penelitian (Issue December 2019). CV.IRDH.

Magdalena, M., Rahmawati, E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh Mind Mapping dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA. 1(2), 123–138.

Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis Nctm (Issue 16 Januari 2020). CV IRDH.

Mulyono, eva kurnia putri dan. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar dalam Model Knisley. 337–346.

Pita Suliawati, Jamal Fakhri, I. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kretatif Matematis; Dampak Flipped Classroom Berbantuan Audio Visual Dan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 270.

Priliana, K. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CRH (Course Review Horay) Berbantuan Software Cabri 3D Tehadap Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau dari gaya belajar peserta didik.

Putu Windayanti, Saleh, R. P. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Berbantuan Media Video Pembelajaran. 8(2).

Rahman, T. (2020). Kajian Teori Pengaruh model pembelajaran knisley terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 197–213.

Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE ( Predict-Observe- Explaint ) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Ilmiah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. 3.

Sari, E. I. (2019). Eksperımentası Model Pembelajaran Savı Terhadap Kemampuan Komunıkası Matematıs Dıtınjau Darı Gaya Belajar. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 44–50.

Septiyana, W., & Pujiastuti, H. (2016). Model Pembelajaran Matematika Knisley Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. 9(1).

Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33

Solihah, A., Aditya, D. Y., Kamali, A. S., & Belajar, K. (2022). Pengaruh gaya dan kemandirian belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Berajah Jurnal, 2(2), 231–240.

Suci, I. G. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Transformasi Digital Dan Gaya Belajar (Vol. 1, Issue 1). CV.Pena Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &. D. CV. AlfaBeta.

T Frisca Ninda Safilda, B. S. A., Wahyu, R., Putra, Y., Sodiq, A., & Leni, N. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Gaya Belajar Pada Model SCRAMBLE Berbasis STEAM. 4, 98–107.

Utaminingsih, R., & Subanji, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Materi Program Linear Dalam Pembelajaran Daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 30–31. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5656

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Wahyuni, S., Netriwati, Gunawan, W., & Nendra, F. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Berbantuan Media Video Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 9(1), 15–26. https://doi.org/10.33474/jpm.v9i1.19590