REORIENTASI VISI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH (Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah)

Abdul Halim Fathani

Abstract


Sejak peradaban manusia bermula, matematika memainkan peranan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, praktik pendidikan matematika di Indonesia masih memiliki tantangan untuk meningkatkan gairah (semangat dan motivasi) belajar matematika bagi siswa. Salah satu pendekatan humanis yang dapat diimplementasikan adalah menggunakan paradigma pembelajaran berdasarkan teori kecerdasan majemuk yang digagas Gardner. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kecerdasan majemuk ini diharapkan siswa dapat belajar secara bermakna. Dengan kata lain, siswa dapat mempelajari matematika dengan mengoptimalkan potensi kecerdasan yang dimilikinya. Dengan mengoptimalkan gaya belajar yang dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan majemuk, siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika, siswa lebih dapat menunjukkan kelebihan dan keunikan yang dimilikinya sehingga siswa merasa lebih dihargai yang akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menimbulkan rasa tanggungjawab siswa dalam proses pembelajaran matematika.

Keywords


Pembelajaran, Matematika, Kecerdasan Majemuk, Keunikann Individu

Full Text:

PDF

References


Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence di Indonesia. Bandung: Kaifa.

DePorter, B., Mark R., & Sarah S.N. 1999. Quantum Teaching:Orchestrating Student Success. Terjemahan oleh Ary Nilandari (Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). 2007. Bandung: Kaifa.

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: BasicBooks.

Hudojo, H. 2005. Perubahan Paradigma Mengajar ke Belajar Matematika. Dalam Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang: t.p.

Lwin, M. 2008. How to Multiply Your Child’s Intelligence. Terjemahan oleh Christine Sujana (Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan). 2008. Bandung: PT. Indeks.

Murtiyasa, Budi. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, 10 Mei 2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparlan. 2004. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa: Dari Konsepsi Sampai dengan Implementasi. Yogyakarta: Hikayat.

Suparlan. 2007. Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences): Penerapannya dalam Proses Pembelajaran dan Pengajaran, (Online), (http://suparlan.com, diakses 15 Desember 2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v2i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License