ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Nurita Primasatya Program Studi PGSD FKIP UN PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.206

Keywords:

Analisis, Berpikir Matematis, Calon Guru SD

Abstract

Dalam artikel ini, akan disajikan analisis tingkat kemampuan berpikir matematis calon guru sekolah dasar yang ada di wilayah Kediri. Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri semester 6. Pemilihan sampel didasarkan pada temuan bahwa calon pendidik yang berasal dari perguruan tinggi kota Kediri terbesar terdapat di UN PGRI Kediri. Sedangkan dipilih mahasiswa semester VI dikarenakan mahasiswa tersebut telah menempuh matakuliah yang terkait dengan penguasaan konsep matematika. Sampel yang terpilih akan dianalisis kemampuan berpikir matematisnya dalam menyelesaikan masalah matematika. Indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematis didasarkan pada teori yang dikemukakan Stacey (2010) yaitu, 1) mengkususkan, 2) mengenelisasi, 3) menduga, dan 4) meyakinkan.

References

Gerdes, Paulus. 2000. Etnomathematics as A New Research Field, Illustrated by Studies of Mathematical Ideas in African History. In Prociding of Conference “New Trends in The History and Philosophy of Mathematics†Roskilde University, Roskilde.

Mason, J. Burton. 1982. Thinking Mathematically. Workingham : Addison Wesley.

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Refisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Oers, Bert Van. 2010. Emergent Mathematical Thinking in The Context of Play. Education Study Mathematic Journal. 74 : 23 – 37.

PISA (Programme for International Student Assessment). 2006. Assesing Scientific, Reading, and Mathematical Literacy. A Framework for PISA 2006. Paris :OECD.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya : UNESA University Press.

Stacey, Keye. 2005. The Place of Problem Solving in Contemporary Mathematics Curriculum Document. Journal of Mathematical Behavior. 24 : 341 – 350.

Stacey, Kaye. 2010. Thinking Mathematically : Second Edition. England : Pearson Education.

Subanji. 2007. Proses Berpikir Penalaran Kovariasional Pseudo dalam Mengkonstruksi Grafik Fungsi Kejadian Dinamik Berkebalikan. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya : Program Pascasarjana UNESA.

Wahyudin. 2010. Monograf : Kecemasan Matematika. Bandung : Prodi Pendidikan Matematika SPS UPI.

Zeidner, M. 1998. Test Anxiety : The State of The Art. New York : Kluwer.

Downloads

Published

2016-02-20

How to Cite

Primasatya, N. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(1), 50–57. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.206