PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEMATIK-INTEGRATIF BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK

Authors

  • Abdul Halim Fathani Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.218

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Tematik-Integratif, Kecerdasan Majemuk

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, perlu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran (proses) yang baik. Setiap orang memiliki gaya belajar yang sesuai dengan kecenderungannya masing-masing. Kenyataan ini menuntut agar siswa dapat dilayani sesuai dengan perkembangan individual masing-masing. Pembelajaran pada anak seharusnya diselenggarakan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Dalam praktiknya, pembelajaran pada anak usia dini menganut paradigma bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain (ya bermain, ya belajar). Dalam proses pembelajaran Matematika di kelas, seorang guru seyogianya memiliki paradigma yang utuh mengenai multiple intelligences ini. Yakni, seorang guru harus menyadari bahwa setiap individu anak memiliki kecenderungan yang berbeda-beda. Pembelajaran berbasis multiple intelligences secara umum dapat diartikan sebagai proses pembelajaran yang memberi “ruang gerak†bagi setiap individu siswa untuk mengembangkan potensi kecerdasannya.

References

Armstrong, T. 1996. Multiple Intelligences in The Classroom. Virgina: Association for Supervision and Curriculum Development.

Armstrong, T. 2002. Multiple Intelligences in the Classroom. 2nd edition. Terjemahan oleh Yudhi Murtanto (Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan). 2004. Bandung: Kaifa.

Armstrong, T. 2005. In Their Own Way: Discovering and Encouraging Your Child’s Multiple Intelligences. Jakarta: Gramedia.

Chatib, M. 2013. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: Kaifa.

Fathani, Abdul Halim. 2011. Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Multiple Intelligences. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Passcasarjana Universitas Negeri Malang.

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences: The Theory ini Practice. New York: BasicBooks.

Gunawan, A.W. 2007. Born to Be A Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jasmine, J. 2001. Professional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.

Lwin, M., dkk. 2003. How to Multiply Your Child Intelligence. Bandung: Indek.

Musrifoh, T. 2008. Cara Cerdas Belajar Sambil Bermain. Bandung: PT. Grasindo.

Suharyanto. 1996. Pengembangan Model Pengajaran Fisika Berbantuan Komputer di Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Yogyakarta. Dalam Tim Basic Science LPTK (Eds.). Proceeding Hasil Diseminasi Penelitian PMIPA LPTK Tahun Anggaran 1995/1996 Bidang Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutirjo dan Mamik, S.I. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.

Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013 (Program Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

Downloads

Published

2017-07-24

How to Cite

Fathani, A. H. (2017). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEMATIK-INTEGRATIF BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(1), 33–41. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i1.218