PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Ardhanty Chaerunisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis multimedia interaktif dengan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan statistika untuk kelas X SMA. Pengembangan e-module ini menggunakan model pengembangan Four-D. Model tersebut terdiri dari 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop, dan Disseminate. E-module ini divalidasi oleh tiga validator yang meliputi satu ahli pengembang bahan ajar, satu ahli materi, dan satu praktisi guru matematika SMA. Setelah e-module dinyatakan valid, kemudian diujicobakan kepada siswa. Subjek uji coba pengembangan e-module ini merupakan subjek uji coba dalam kelompok kecil yang terdiri dari 12 siswa kelas X di MAN 1 Malang. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kelayakan e-module untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli dan praktisi, secara keseluruhan e-module yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,45 dan telah memenuhi kriteria kevalidan yang ditetapkan. Sedangkan pada uji coba user, e-module dinyatakan valid dengan diperoleh rata-rata hasil penilaian sebesar 3,72. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-module telah memenuhi kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


pengembangan, e-module, strategi, ctl, statistika

Full Text:

PDF

References


Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jhonson, Elaine. CTL (Contextual Teaching and Learning. 2014. Bandung: Mizan Media Utama.

Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Sa’ud, Udin Saefuddin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License