PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATEI TRIGONOMETRI KELAS XI

Authors

  • Eva Amaliyah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2603

Keywords:

pengembangan, modul, PQ4R, trigonometri

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan modul matematika berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada materi trigonometri kelas XI. Pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Produk yang dihasilkan berupa modul matematika yang telah divalidasi. Validator ahli materi menyatakan valid dengan persentase skor 80,97%, ahli desain menyatakan valid dengan persentase skor 84,92%, dan praktisi menyatakan valid dengan persentase skor 86,46%. Sedangkan hasil validasi pengguna (user) menyatakan modul valid dengan persentase skor 82,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2019-03-04

How to Cite

Amaliyah, E. (2019). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATEI TRIGONOMETRI KELAS XI. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 01–08. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2603