IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AL-IHSAN KRIAN

Authors

  • Firda Nuril Yahya Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2605

Keywords:

kurikulum 2013, pendekatan saintifik, authentic assessment

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan kendala yang ditemui guru beserta upaya guru untuk mengatasinya dalam implementasi pendekatan saintifik dengan authentic assessment kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika kelas VII MTs Al-Ihsan Krian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua guru matematika kelas VII MTs Al-Ihsan. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi pendekatan saintifik dengan authentic assessment di kelas VII MTs Al-Ihsan Krian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, guru matematika kelas VII MTs Al-Ihsan Krian mengimplementasikan pendekatan saintifik dan authentic assessment pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Guru juga menemukan beberapa kendala dalam kegiatan perencanaan yang berupa persiapan kurang matang dikarenakan tidak adanya waktu untuk membuat RPP dan sulitnya guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pelaksanaan, guru menemukan kendala yang berupa tidak adanya buku paket siswa dan saran prasarana yang kurang mendukung. Sedangkan dalam kegiatan penilaian pembelajaran kendala yang ditemukan berupa terlalu banyak aspek yang dinilai sehingga guru harus segera merekap nilai agar tidak menumpuk. Guru mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi tiap kendala yang dihadapi.

References

As’ari, Abdur Rahman. 2014. Prespektif Global tentang Kurikulum 2013 secara Umum, dan Pembelajaran Matematika secara Khusus. Materi disajikan dalam Whorkshop mengenai Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, Malang, 09 Juni 2014.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Intra. 2015. Welcome MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), hlm. 3-5. Edisi VIII.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT RajaGafindo Persada.

Kusbudiyah, Yayah. 2014. Kajian Materi Kediklatan tentang Perubahan Kurikulum secara Teoritis. (Online), (http://bdkbandung.kemenag.go.id diakses tanggal 25 Desember 2016).

Mahmud, Amirudin. 2016. MEA dan Pendidikan Kita. (Online), (http://kompasiana.com), diakses pada tanggal 22 Desember 2016.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmawati. 2016. Seminar Hasil TIMSS Tahun 2015. (Online), (www.timss2015.org), diakses pada tanggal 04 Juni 2017.

Downloads

Published

2019-03-04

How to Cite

Yahya, F. N. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTS AL-IHSAN KRIAN. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 09–15. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2605