PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERY ONE IS TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM FATAHILLAH SINGOSARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Septia Nurcahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan stategi pembelajaran Every One is Teacher Here untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan pada siswa kelas VII SMP Islam Fatahillah Singosari tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa stategi pembelajaran Every One is Teacher Here untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan langkah-langkah pembelajaran: (1) Membuat kartu pertanyaan, (2) Shake and answer a card question (mengacak dan menjawab kartu pertanyaan), (3) Presentasi individual, dan (4) penutup. Deskripsi peningkatan dari siklus I ke II: (1) persentase ketuntasan keberhasilan tes akhir siklus I mencapai 68,18%, sedangkan pada siklus II mencapai 81,82% (2) keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I mencapai 88,97% dengan taraf keberhasilan dapat dikategorikan sangat baik dan pada siklus II mencapai 93,62% dengan taraf keberhasilan dapat dikategorikan sangat baik (3) kegiatan siswa siklus I mencapai 79,55% dengan taraf keberhasilan dapat dikategorikan baik dan pada siklus II mencapai 86,32% dengan taraf keberhasilan dapat dikategorikan sangat baik (4) hasil wawancara siswa pada siklus I mencapai 66,66% dengan 4 dari 6 siswa menyatakan senang dengan stategi pembelajaran Every One is Teacher Here. Pada siklus II hasil wawancara siswa juga mencapai 83,33% dengan 5 dari 6 siswa menyatakan senang dengan model pembelajaran yang diterapkan.

Keywords


penerapan, Every One is Teacher Here, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Ariana, M. Desi dan Candiasa, AAIN Marhaennni. 2014. Pengaruh Implementasi dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Abstrak. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4 Tahun 2014

Nirmalitasari, Octa S. 2010. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam Universitas Negri Surabaya.

Silberman, Melvin L. 2009. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Sodiq. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License