PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP

Authors

  • Yuyun Andika

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2608

Keywords:

Pengembangan, e-module, interaktif, Problem Based Learning, kubus dan balok

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah tersusunnya  e-module interaktif berbasis ProblemBased Learning materi kubus dan balok kelas VIII SMP. Pengembangan e-module interaktif ini mengunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap yaitu define, design, develop, dan dissemminate. Produk yang dihasilkan berupa e-module interaktif yang telah divalidasi. Validator ahli media menyatakan valid dengan skor 3,3, ahli materi meyatakan valid dengan skor 3,52, ahli praktisi menyatakan valid dengan skor 3,16. Sedangkan hasil uji coba user menyatakan bahwa modul valid dengan skor 3,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda Karya

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Sani, Abdullah, Ridwan. 2015.Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana Prenadamedia Group.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Downloads

Published

2019-03-04

How to Cite

Andika, Y. (2019). PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 3(1), 31–36. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i1.2608