ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP

Alfin Lushfatun Nisa’

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi segiempat kelas VII semester genap di MTs Persiapan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskripsi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-A MTs Persiapan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, kemudian dipilih tiga siswa sebagai subjek penelitian yang didasarkan pada tingkat kemampuan matematis siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Sebelum dianalisis, dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik, yaitu membandingkan antara hasil tes dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan abstraksi matematis siswa pada materi segiempat berdasarkan kriteria level-level abstraksi yang meliputi level pengenalan (recognition), level representasi (representation) dan level abstraksi struktural (structural abstraction). Siswa dengan kemampuan matematis tinggi dapat menggunakan kemampuan abstraksi dengan baik, yaitu mampu mencapai ketiga level. Siswa dengan kemampuan sedang dapat menggunakan kemampuan abstraksi pada ketiga level di dua soal dan di empat soal yang lain hanya mampu mencapai level pengenalan dan representasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematis rendah dalam menggunakan kemampuan abstraksi masih kurang baik dengan hanya mampu mencapai level pengenalan dalam menyelesaikan soal.

Keywords


kemampuan abstraksi, menyelesaikan soal, segiempat

Full Text:

PDF

References


Gray, E. & Tall, D.(2007). Abstraction as a Natural Process of Mental Compression. Mathematics Education Research Journal. Vol. 19, No.2, 23-40.

Hasanah, N. (2010). Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri melalui Penerapan Model van Hiele dan Geometer’s Sketchpad. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia).

Hong & Kim.(2016). Mathematical Abstraction The Solving ill-Structured Problems by Elementary School Students in Korea. Eurasia Journal of Matemhatics, Science & Technology Education. Vol. 12, No. 2, 267-281.

Moleong, L.J.(2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tall, D.(2002). Advanced Mathematical Thinking Mathematics Education Library. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Wiryanto.(2014). Level-level Abstraksi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 3, No. 3. ISSN: 469-578.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

   

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License