PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CASE (CAPTURE, SOLVE AND EVALUATION) PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN AJARAN 2017/2018

Winda Seruni Wahyu Asih

Abstract


Pengembangan ini bertujuan mengetahui hasil pengembangan E-modul Interaktif Berbasis CASE (Capture, Solve, and Evaluation) pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok untuk Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2017-2018, serta melakukan validasi dan uji coba e-modul interaktif matematika. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan, yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek validasi terdiri dari satu ahli materi, satu ahli desain, satu praktisi, dan 9 siswa kelas VIII sebagai user/pengguna. Untuk teknik analisis data diambil dari data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan skor 85,51%, penilaian validator ahli desain dan media memenuhi kriteria valid dengan skor 84,13%, penilaian validator praktisi memenuhi kriteria sangat valid dengan skor 92,41%, dan penilaian produk oleh user (pengguna) memenuhi kriteria praktis dengan skor 87,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis CASE (Capture, Solve and Evaluation) pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok untuk sekolah menengah pertama tahun ajaran 2017/2018  adalah valid dan layak digunakan.

Keywords


e-modul interaktif, CASE ( Capture, Solve and Evaluation), luas permukaan dan volume, kubus dan balok

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan e-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hamid, M.S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: DivaPress.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Menggembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Penddidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Pustaka Ilmu.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional, Surabaya: Media Centre, t.t.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License