PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GUIDED DISCOVERY DENGAN AUTOPLAY PADA MATERI GARIS UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Ivo Faujiah

Abstract


Kegiatan pembelajaran di sekolah antara siswa dan guru merupakan salah satu contoh dari proses belajar. Dalam hal ini guru dapat dijadikan sebagai sumber belajar namun bukanlah satu-satunya. Salah satu yang dapat dijadikan media dalam pembelajaran adalah media pembelajaran dengan menggunakan multimedia yang bersifat interaktif yang berbasis guided discovery mengajak siswa untuk menjadi lebih mandiri dalam belajar dan dengan bantuan software AutoPlay dapat menjadikan multimedia interaktif semakin menarik.Pengembangan multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan AutoPlay ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Pelaksanaan), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Secara keseluruhan multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan AutoPlay yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ketiga validator yang terdiri dari validator ahli media dengan skor 3,64, ahli materi dengan skor 3,07, dan praktisi dengan skor 3,43, dan hasil rata-rata skor dari ketiga validator tersebut sebesar 3,24 dan telah memenuhi kriteria kevalidan yang ditetapkan. Sedangkan pada validasi user, multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan AutoPlay dinyatakan valid dengan diperoleh rata-rata skor sebesar 3,45. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis guided discovery dengan AutoPlay dapat membantu siswa dalam memahami materi garis dan mendukung siswa belajar secara mandiri.

Keywords


pengembangan, Interaktif, guided discovery, AutoPlay, materi garis

Full Text:

PDF

References


Anfa, A.I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Guided Discovery pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program S1 Universitas Islam Malang.

Ariani, Niken,& Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Satu Nusa.

Hamdani. (2011). Strategi BelajarMengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kadafi, Umar, dkk. (2013). Pengembangan Multimedia Pemblajaran Interaktif pada Kompetensi Sistem Pernapasa Manusia Kelas VIII di SMPN 1 Gondang Tulungagung. (Online). (http://www.google.com/url?q=http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelC93F8A9D5F1F07DFA07F0333AA901C71.pdf&sa=U&ved=0ahUKEwiRz7-AjtzRAhVMrY8KHfZoAwsQFggGMAA&usg=AFQjCNEKt87iNUgCqmL-cSxX9v5eXxUEIA, diakses 12 januari 2016)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Matematika untuk SMPMTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. SMK. Yogyakarta: PPPPTK.

Nihayah, A. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran E-learning Berbasis Website pada Pokok Bahasan Lingkaran siswa Kelas VIII-A MTs. Al-Ma’arif Bocek karangploso Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program S1 Universitas Islam Malang.

Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Santyasa, I.W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori. Makalah Disajikan dalam Pelatihan bagi para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, 12-14 Januari 2009.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License