KEMAMPUAN CREATIVE AND CRITICAL THINKING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 DAU MALANG

Authors

  • Istianah Alifia Guru Matematika SMPN 1 DAU MALANG

DOI:

https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2619

Keywords:

pembelajaran matematika, model pembelajaran treffinger, strategi metakognitif, kemampuan creative thinking, kemampuan critical thinking

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan creative and critical thinking antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) mengetahui mana yang lebih baik kemampuan creative and critical thinking antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) mengetahui deskripsi kemampuan creative and critical thinking peserta didik kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods dengan desain sequential explanatory. Sampel dipilih melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol sedangkan subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling, diperoleh 3 subjek yang terdiri dari 1 perwakilan padaa setiap kategori. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada tahap kuantitatif, sedangkan pada tahap kualitatif data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan creative and critical thinking peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) kemampuan creative and critical thinking peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan (3) peserta didik kelas eksperimen lebih dominan memenuhi indikator kemampuan creative and critical thinking. Tiga hasil penelitian tersebut saling mendukung.

References

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 51-62.

Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khoiriah, T. (2015). Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 177-180.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Munadar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triwibowo, Z., Dwidayati, N. K., & Sugiman. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII Melalui Model Pembelajaran Treffinger dengan Pendekatan Open-Ended. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (3) 391-399.

Yamin, M. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.

Zulkarnaini. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA: Bandung.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Alifia, I. (2019). KEMAMPUAN CREATIVE AND CRITICAL THINKING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 1 DAU MALANG. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 4(2), 76–85. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i2.2619