METODE SINAR-X PADA MATERI FPB DAN KPK

Mar'ah Rohmatul Ummah

Abstract


Metode sinar-x bertujuan sebagai metode alternatif pada FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Metode ini dapat menambah wawasan bagi peserta didik dan guru untuk menentukan FPB dan KPK. Metode sinar-x terdiri dari metode irisan, metode pagar, dan metode excel. Metode irisan adalah metode penyelesaian FPB dan KPK dengan menggunakan konsep irisan pada dua himpunan. Irisan dalam hal ini berarti faktor persekutuan terbesar pada dua bilangan. Selain metode irisan, ada juga metode pagar. Metode pagar adalah metode penyelesaian FPB dan KPK dengan cara membagi habis dua bilangan atau lebih dengan bilangan prima yang disajikan ke dalam kolom. Bilangan prima yang digunakan untuk membagi bilangan adalah bilangan prima dari yang terkecil. Sedangkan metode excel berbeda dengan metode irisan dan pagar. Metode excel adalah metode penyelesaian FPB dan KPK dengan menggunakan rumus matematika di microsoft excel. Rumus menentukan FPB berbeda dengan rumus KPK. Rumus FPB yaitu Greatest Common Divisor, sedangkan rumus KPK yaitu Least Common Multiple.


Keywords


FPB; KPK; Metode Sinar-X

Full Text:

PDF

References


As’ari, abdur Rahman., dkk. (2016). Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika (Math Didactic), Vol. 2, No. 3, September-Desember 2016.

Nasution, Abdul Fattah. (2017). Implementasi Konsep Matematika dalam Al-Qur’an pada Kurikulum Madrasah. Jurnal EduTech, Vol. 3, No. 1, Maret 2017.

Pujiati., & Suharjana, Agus. (2011). Pembelajaran Faktor Persekutuan Terbesar dan Kelipatan Persekutuan Terkecil di SD.Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Supriyadi. (2016). Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Jurnal Pustaka, Vol. 2, No. 2.

Wardhani, Sri. (2008). Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yahya, Usman. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Islamika, Vol. 15, No. 2.

Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, Vol. 1, No.1, Oktober 2012.

Yuniati, Suci. (2012). Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan Menggunakan Metode PEBI. Jurnal Beta, Vol. 5, No. 2, Nopember 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is Indexed by:

    

 

 

 


Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License